Ada Kategori Dadakan, Jawara Festival Teater se-Jatim Protes

Nurul Hidayat    •    05 November 2015 19:00 WIB
budaya
Ada Kategori Dadakan, Jawara Festival Teater se-Jatim Protes
Tim teater SMP Unggulan NU Jombang menunjukkan piala kemenangan festival teater, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Festival Teater SMP dan Mts se-Jawa Timur 2015 menuai kisruh. Kelompok Teater Sangkala asal SMP Unggulan NU Jombang, Jawa Timur, yang menjadi pemenang dalam kompetisi itu pun berniat mengembalikan piala kemenangan.

Pelatih Teater Sangkala, Edi Harsoyo, mengaku kecewa dengan keputusan panitia dalam acara yang berlangsung di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, pada 22 Oktober 2015 itu. Anak asuhnya memenangkan enam dari tujuh piala dalam festival tersebut. Tapi timnya tak menjadi Juara Umum.

"Saat technical meeting sudah jelas, ada enam kategori nominasi. Tapi saat pengumuman, panitia malah menyebutkan tujuh nominasi. Ya jelas peserta protes," kata Edi.

Anehnya, kata Edi, timnya mendapatkan enam kategori. Tapi panitia tak menentukan timnya sebagai Juara Umum. Padahal, di setiap pertandingan, Juara Umum adalah pemenang kategori terbanyak.

Kepala SMP Unggulan NU Jombang, Farida, mengatakan tak menuntut harus menjadi Juara Umum. Tapi panitia malah menyalahi komitmen sendiri.

"Lantaran itu, kita masih membuka ruang musyawarah untuk penyelesaian persoalan ini," tandasnya.

Saat ini, kata Farida, ia dan timnya menunggu klarifikasi dari pihak panitia. Ajang tahunan itu diikuti SLTP/MTs yang berada dalam naungan Yayasan Nahdlatul Ulama se-Jawa Timur.


(RRN)


Video /