Capaian Kinerja Ekonomi Kuartal III Harusnya Bisa Lebih Tinggi

Suci Sedya Utami    •    05 November 2015 19:01 WIB
pertumbuhan ekonomi
<i>Capaian Kinerja Ekonomi Kuartal III Harusnya Bisa Lebih Tinggi</i>
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III tercatat sebesar 4,73 persen. Meskipun mengalami peningkatan dibanding kuartal sebelumnya yakni 4,67 persen, namun Menko Perekonomian Darmin Nasution memandang seharusnya angka tersebut bisa lebih tinggi.

Ketidakmaksimalan pencapain tersebut, kata Darmin, dikarenakan oleh penyerapan anggaran pemerintah yang belum maksimal. Tercatat, realisasi belanja pemerintah hingga akhir September baru mencapai 62,9 persen atau Rp1.248.9 triliun dari target dalam APBNP 2015 sebesar Rp1.984,1 triliun.

"Sebetulnya, realisasi anggaran harusnya bisa lebih baik. Sayangnya ya karena memang kabinet baru, agak banyak perubahan tahun ini, sehingga anggaran baru bisa dipakai setelah nomenklatur selesai," kata Darmin, saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/20150).

Tak hanya itu, pengaruh paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pun belum berpengaruh banyak, karena sepanjang kuartal baru dua paket yang dikeluarkan, apalagi dengan paket kebijakan yang menyangkut perbaikan nilai tukar.

Selain itu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menyampaikan, kinerja ekspor pun tidak membantu banyak, apalagi ekspor komoditas masih dirundung pelemahan karena harga yang sedang turun dan volumenya ikut turun.

"Nah, kalau semua itu digabungkan memang ada perbaikan, namun tidak banyak. Itu juga yang membuat penyerapan angkatan kerja tidak cukup tinggi akibatnya angka pengangguran naik," pungkasnya.


(AHL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /