5 Tahun Beraksi, Komplotan Bajing Loncat Dilumpuhkan

Muhammad Khoirur Rosyid    •    05 November 2015 20:16 WIB
pencurian
5 Tahun Beraksi, Komplotan Bajing Loncat Dilumpuhkan
Polisi menyita barang yang dikumpulkan bajing loncat di sebuah gudang. Foto: Metrotvnews.com/Rosyid

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Aksi kejahatan pembajak truk atau bajing loncat di sepanjang Tol Waru, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) berhasil dibekuk Satreskrim Polres Sidoarjo. Tiga orang berhasil diamankan beserta barang jarahan.

Penangkapan itu dilakukan pada 30 Oktober 2015 di tol arah Porong-Perak kilomter 35 sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Tiga tersangka yang diamankan yaitu sopir ES, 38; SN, 62; dan ZA, 34. Semuanya warga Kabupaten Sidoarjo.

“Dalam kasus ini ada tujuh pelaku. Empat pelaku lainnya masih dalam penyelidikan anggota dan statusnya buron,” kata Kapolres Sidoarjo AKBP M Anwar Nasir, di Sidoarjo, Kamis (5/11/2015).

Dijelaskan Kapolres, dalam penyelidikan kasus bajing loncat ini, anggota Satreskrim membutuhkan waktu lima hari. Para tersangka sangat gesit saat polisi berusaha memburunya. Mereka telah beraksi sejak 2009. 

“Awal pengungkapan ini bermual dari laporan korban. Setelah diselidiki, anggota menelusuri sebuah gudang di wilayah Margomulyo, Surabaya. Selanjutnya kami bisa menangkap tersangka,” katanya.

Modus pencurian, para tersangka menghentikan truk yang penuh dengan muatan yang berjalan di tol. Lalu, sopir truk dipaksa turun kemudian diikat tangannya dan mulutnya dilakban. “Sopir dibuang jauh dari lokasi. Para tersangka selanjutnya memindah barang muatan itu ke truk yang telah disediakan. Para tersangka terkadang menyamar sebagai polisi saat menghentikan truk,” terang Anwar.

Dari penangkapan itu, beberapa barang bukti diamankan di antaranya rokok, susu, kedelai, kopi dan sejumlah barang muatan truk lainnya. Akibat ulahnya ini para tersangka diancam dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara.



(UWA)


Video /