Dirjen Pajak Klaim Berhasil Meski Target Pajak Terlalu Tinggi

Eko Nordiansyah    •    06 November 2015 07:53 WIB
ditjen pajak
Dirjen Pajak Klaim Berhasil Meski Target Pajak Terlalu Tinggi
Dirjen Pajak Sigit Priadi. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Sigit Priadi Pramudito mengklaim dirinya sudah berhasil memenuhi target penerimaan pajak hingga akhir tahun. Walapun menurut dia target sebesar Rp1.294 triliun memang dirasa terlalu tinggi.

"Menurut saya berhasil, memang targetnya saja yang sangat tinggi dan kita mulainya di tengah tahun," tegas Sigit di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2015) malam.

Sekadar diketahui, hingga 4 November 2015 Ditjen Pajak baru bisa mengumpulkan 59,84 persen atau Rp774,4 triliun. Padahal periode yang sama tahun lalu penerimaan pajak mencapai Rp776,2 triliun.

Dirinya mengakui jika rendahnya pencapaian tersebut diakibatkan oleh kesalahan strategi yang diterapkan, di mana penarikan pajak baru dimulai pada pertengahan tahun sehingga masa kerjanya hanya setengah tahun.

"Jadi karena memang strateginya awalnya tidak di awal tahun jadi kita kerja setengah tahun. Tapi itu bukan alasan, saya menerima semua itu. Kita berupaya, kalau tidak tercapai ya itu sudah maksimal dari kita," terang dia.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, Sigit tetap optimistis jika dalan dua bulan ke depan mampu mengejar penerimaan pajak hingga Rp300 triliun. Ditambah lagi pemungutan tunggakan pajak (reinventing) sejauh ini sudah mencapai Rp75 triliun.

"Rp 80 triliun untuk November, dan Desember sekitar Rp100 triliun. Kalau kita lihat rutin seperti tahun lalu. Kita berusaha agar shortfall tidak melebihi Rp160 triliun dari target di APBN-P 2015," pungkasnya.


(AHL)


Real Madrid Siap untuk Final Liga Champions
Jelang Final Liga Champions

Real Madrid Siap untuk Final Liga Champions

9 hours Ago

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengatakan timnya siap untuk laga final Liga Champions kon…

BERITA LAINNYA
Video /