Makam Berusia Dua Abad Ditemukan Pekerja Saluran Air

Willy Haryono    •    06 November 2015 10:04 WIB
situs purbakala
Makam Berusia Dua Abad Ditemukan Pekerja Saluran Air
Makam berusia dua abad diemukan di bawah jalanan New York, AS, 5 November 2015. (Foto: newsday)

Metrotvnews.com, New York: Makam bawah tanah berusia sekitar dua abad silam ditemukan di bawah jalan di jantung Universitas New York, Amerika Serikat. 

Situs purbakala yang ditemukan pekerja saluran air ini diduga kuat sebagai bagian dari pemakaman gereja Presbyterian. Dari pengamatan awal, terlihat makam berukuran 4 x 5 meter dengan tulang belulang dari sekitar sembilan hingga 12 orang. Terdapat pula puluhan peti mati kayu yang ditumpuk. 

"Anda tidak akan pernah tahu apa yang dapat ditemukan di bawah jalanan kota," ujar Alyssa Loorya, investigator proyek, seperti dilansir Associated Press, Kamis (5/11/2015). 



Antropolog dan arkeolog akan menaruh serangkaian lampu di area makam, dan juga menggunakan kamera digital untuk mengambil gambar pelat di peti mati, dengan harapan jasadnya dapat teridentifikasi. Karena Kepolisian New York akan membiarkan makam itu tidak terganggu apapun, proyek saluran air sebelumnya dipindahkan ke rute lain. 

"Kami tahu kami dapat menemukan jasad atau benda lainnya di area ini," kata Thomas Foleh, komisioner dari Departemen Desain dan Konstruksi New York. "Kami akan mejelajahi lebih dalam untuk menemukan hal lain."

Penemuan ini bukan kali pertama terjadi di New York. Pada 2005, perumahan dari abad ke-18 dan pakaian prajurit dalam Perang Revolusioner AS ditemukan di area pelabuhan Manhattan. 


(WIL)


Video /