Prabowo Minta Ahok Segera Bangun ITF

Intan fauzi    •    06 November 2015 10:10 WIB
sampah jakarta
Prabowo Minta Ahok Segera Bangun ITF
Sampah menggunung di TPST Bantar Gebang. (Foto: Antara/Risky Andrianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta segera membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) atau Intermediate Treatment Facilities (ITF) di Ibu Kota. ITF itu diperlukan agar Jakarta tidak ketergantungan dengan Bantar Gebang, Bekasi dan kontrak PT Godang Tua Jaya bisa diputus.
 
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengajukan anggaran pembangunan ITF pada RAPBD 2016.
“Rencana itu bagus, tapi sekarang belum ada usulan (anggaran) ke kami," kata Prabowo saat dihubungi, Jumat (6/11/2015).
 
Menurut Prabowo, Dinas Kebersihan DKI masih memiliki waktu untuk mengajukan anggaran pembangunan pengolahan sampah modern. Prabowo menyarankan Dinas Kebersihan merekrut tenaga kerja untuk menjalankan ITF, karena SDM yang ada saat ini masih kurang.
 
"Perekrutan tenaga kerja harus dipikirkan. SDM yang mereka ( Dinas Kebersihan) miliki saat ini sudah bagus, tapi masih kurang. Jadi harus ditambah," kata Prabowo.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendorong pembangunan fasilitas pengolahan sampah terpadu atau Intermediate Treatment Facilities (ITF) di sejumlah wilayah di ibu kota. "Kalau kita punya ITF sendiri, kita tidak bergantung kepada TPST Bantar Gebang," kata Ahok.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu telah memutuskan tidak melibatkan swasta dalam pembangunan ITF. "Kami menunjuk PT Jakarta Propertindo (BUMD DKI) untuk membangun ITF di Jakarta. Jadi, Jakpro akan bertindak sebagai pengembangnya," ujarnya
 
ITF merupakan tempat pengolahan untuk mengurangi sampah Ibu Kota yang mencapai 6000 ton per hari. ITF akan menggunakan teknologi berbasis incenerator yang mampu mereduksi sampah hingga 90 persen dan mengurangi emisi gas ruang kaca. Pemerintah DKI berencana membangun ITF di empat lokasi, di Cakung, Sunter, Duri Kosambi, dan Marunda.
 


(FZN)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /