Status Tersangka Pembuat Meme Polisi Ponorogo Dicabut

fajar wiharjo    •    06 November 2015 11:19 WIB
ujaran kebencian
Status Tersangka Pembuat <i>Meme</i> Polisi Ponorogo Dicabut
Meme polisi Ponorogo yang diunggah ISW. (MetroTV/repro)

Metrotvnews.com, Ponorogo: Kasus meme yang menjerat seorang office boy sebuah bank swasta di Ponorogo, Jawa Timur akhirnya dihentikan. Meski berkas penyidikan tersangka sudah lengkap dan tinggal melimpahkan ke kejaksaan, polisi tiba-tiba menutup kasus tersebut dengan alasan sudah dilakukan mediasi kedua belah pihak.

Penutupan kasus ini diduga setelah Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyatakan imbauannya. Namun Wakapolres Ponorogo Komisaris Harnoto membantah jika penghentian ini atas desakan Kapolri.

Harnoto mengatakan penghentian kasus meme yang menjerat ISW dihentikan karena adanya mediasi. Pihak keluarga ISW telah meminta maaf. "Kedua belah pihak telah dilakukan mediasi," kata Harnoto, di Mapolres Ponorogo, Jumat (6/11/2015).

Mediasi antara kedua pihak dilakukan tadi malam sekitar pukul 21.30 WIB di Mapolres Ponorogo. Antara terlapor dan pelapor telah menemui kesepakatan bersama. Di antaranya, terlapor berjanji tidak akan mengulangi perbuatan serupa. Serta berjanji akan lebih berhati-hati dalam memanfaatkan media jejaring sosial.

Pelapor pun menerima permintaan maaf dan mencabut laporannya. "Akhirnya proses penyidikan berkas perkara dihentikan," kata Harnoto.

Polisi pun mencabut status tersangka ISW. Meski ISW telah lepas dari jerat hukum, namun jika di kemudian hari yang bersangkutan melakukan perbuatan yang sama, polisi akan melimpahkan berkas penyidikan itu ke kejaksaan.

Namun, Harnoto menampik bahwa pencabutan tersangka itu karena imbauan kapolri. Padahal, kemarin, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyinggung persoalan ini. 

Kapolri mengatakan, semestinya dilakukan mediasi lebih dulu antara korban dan pelaku. Seperti yang tertera dalam Surat Edaran Kapolri tentang Ujaran Kebencian, perlu dilakukan mediasi sebelum menempuh langkah hukum lanjutan.

"Kalau SE (ujaran kebencian), kan harusnya dia melakukan mediasi," kata Badrodin. (san)


(SAN)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /