NASA: Jumlah Es di Antartika Bertambah

Riandanu Madi Utomo    •    06 November 2015 12:00 WIB
nasa
NASA: Jumlah Es di Antartika Bertambah
Es di Antartika terpantau semakin bertambah (foto: Reuters)

Metrotvnews.com: NASA baru-baru ini mengumumkan bahwa es di Antartika atau di kutub Selatan Bumi bertambah banyak. Hal ini bertentangan dengan berbagai pemberitaan yang mengatakan bahwa es di kutub mulai banyak yang mencair akibat pemanasan global.

Menurut penelitian NASA, pemantauan dari satelit menunjukkan bahwa area es di Antartika justru bertambah banyak. NASA mengatakan, di Antartika terdapat dua area yang berbeda. Satu adalah area yang banyak kehilangan es dan satu lagi justru merupakan area yang banyak membentuk es baru.

Uniknya, penelitian NASA menunjukkan, jumlah es yang mencair di Antartika justru lebih sedikit dari jumlah es yang terbentuk. Hal tersebut karena penumpukan salju selama beberapa tahun terakhir di Antartika. Penumpukan salju tersebut diperkirakan telah menyumbang 112 ton es baru di benua tersebut.

Di kutub utara, jumlah es yang mencair justru lebih besar dari yang terbentuk dan Antartika tak dapat mengimbanginya, sehingga gelombang pasang banyak terjadi di berbagai wilayah perairan dunia.


(ABE)


Chelsea Jumpa Barcelona, Conte antara Senang dan Sedih
Jelang Chelsea vs Barcelona

Chelsea Jumpa Barcelona, Conte antara Senang dan Sedih

8 hours Ago

Manajer Chelsea Antonio Conte antusias jelang bentrok dengan Barcelona pada leg pertama 16 besa…

BERITA LAINNYA
Video /