Tahun Depan Indonesia Tak Impor Solar Lagi

Annisa ayu artanti    •    06 November 2015 14:27 WIB
bbm
Tahun Depan Indonesia Tak Impor Solar Lagi
Ilustrasi. (FOTO: MI/ATET DWI PERMATA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berencana untuk tidak lagi mengimpor Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar tahun depan.

Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Rachmad Hardadi mengatakan, Indonesia pasti bisa untuk tidak selalu mengandalkan impor dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Hal itu diyakininya, lantaran tahun depan solar dapat diproduksi di kilang dalam negeri.

"Iya Insya Allah bisa," kata Rachmad di Jakarta, seperti diberitakan Jumat (6/11/2015).

Selama ini, Indonesia mengimpor BBM karena beberapa alasan, seperti kilang dalam negeri tidak cukup untuk memproduksi BBM, sedangkan kebutuhan terus meningkat. Lalu, tangki penimbunan hasil eksplorasi migas hanya mampu menampung 18 kali produksi dan terus mengalami penurunan.

Adapun untuk perkiraan angka produksi per hari, Rachmad tidak menyebutkan secara rinci. Tapi dia memastikan tahun depan Indonesia tidak akan mengimpor solar lagi.

"Lupa angakanya. Yang jelas kita tidak perlu impor lagi," ucap dia.

Sebagai informasi, Pemerintah berencana membuat empat kilang baru di Bontang Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Barat dan Aceh dengan kapasitas 668 ribu barel per hari. Rencana itu akan dilakukan mulai tahun depan.


(AHL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /