Keruk 5 Sungai, Pemkot Jaksel Klaim Genangan Air Berkurang 70%

Ilham wibowo    •    06 November 2015 19:35 WIB
banjir jakarta
Keruk 5 Sungai, Pemkot Jaksel Klaim Genangan Air Berkurang 70%
Ilustrasi banjir--Antara/Vitalis Yogi Trisna

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Selatan sedang mengeruk sedimen di lima sungai. Pengerukan diyakini mampu mengurangi genangan air 70 persen saat banjir tahun sebelumnya.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan Dedi Budi Widodo mengatakan, lima aliran sungai yang melewati wilayahnya sedang dikeruk. Kelimanya adalah Sungai Ciliwung, Kali Krukut, Kali Pesanggrahan, Kali Grogol, dan Kali Mampang.

"Pengerukan ini menggunakan traktor amfibi yang bisa mengapung di air," tutur Dedi saat ditemui Metrotvnews.com, Jumat (6/11/2015)

Selain pengerukan, sisi sungai yang dekat permukiman warga sedang dibuat tanggul. Tanggul di Kali Krukut akan ditinggikan 1,5 meter sepanjang 900 meter. Tanggul dibangun di sisi yang dekat permukiman warga.

Menurut perhitungan teknis, jelas Dedi, pengerukan sedimen sungai dan pembangunan tanggul dapat mengurangi 50 centimeter permukaan air ketika terjadi genangan. Saat hujan lebat, ini akan mengurangi luberan air. "70 persen kejadian bajir pada tahun sebelumnya akan berkurang pada tahun ini," kata Dedi.

Dedi mengklaim telah memetakan daerah yang berpotensi tergenang banjir. Tahun ini daerah yang berpotensi banjir ada di wilayah Kebon Baru dan wilayah Rawa Jati. Di wilayah itu ada Sungai Ciliwung.

Di wilayah Kebayoran, daerah yang rawan tergenang ada di Petogogan dan Pulau Raya. Dua lokasi itu berdekatan dengan Kali Krukut. Wilayah Cipulir dan wilayah Ulujami juga sering tergenang banjir karena luapan Sungai Pesanggrahan.

Sudin Tata Air Jakarta Selatan telah mengecek beberapa pompa air di wilayah Jakarta Selatan. Dedi menyatakan, 32 pompa air yang ada di wilayah selatan siap dipakai.

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi juga telah menyiapkan lima unit mobil pompa. Di masing-masing unit terdapat dua pompa sebagai cadangan bila pompa utama tidak bisa bekerja maksimal.


(YDH)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /