Piala Jenderal Sudirman

Panitia akan Apresiasi Wasit Terbaik Piala Jenderal Sudirman

Kautsar Halim    •    06 November 2015 19:26 WIB
piala jenderal sudirman
Panitia akan Apresiasi Wasit Terbaik Piala Jenderal Sudirman
Wasit terbaik di turnamen sepak bola Piala Jenderal Sudirman akan diberi penghargaan (Foto: Antara/FENY SELLY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kualitas wasit yang baik sangat menentukan suksesnya turnamen sepak bola. Hal itu pun dipahami panitia turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS), sehingga apresiasi khusus disediakan bagi wasit yang memimpin laga.

"Kami ingin menjaga 47 pertandingan di PJS ini dan tidak ingin ada pertandingan yang dipimpin wasit 'masuk angin'. Kami sudah dapat pelajaran berharga dari Piala Presiden tentang wasit mana saja yang lolos kualifikasi. Tapi yang pasti, nama wasit yang sudah tercoreng tidak digunakan lagi," ujar CEO Mahaka Sport yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana PJS, Hasani Abdulgani, dalam jumpa pers di Century Park Hotel, Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Pernyataan Hasani diperjelas lagi oleh Letjen TNI Agus Sutomo, selaku Ketua Organizing Committe PJS. Menurutnya, selain diberi hadiah wasit juga bakal mendapat perlindungan ekstra, baik fisik maupun psikis.

"Wasit-wasit itu nantinya kami karantina dulu agar bekerja dengan baik. Kemudian wasit dengan penilaian terbaik akan kami beri kehormatan untuk memimpin laga final. Kami sudah menyiapkan penghargaan berupa piagam, medali, dan nominal (uang) untuk wasit terbaik," ujar Agus.

Selain mendapat perlindungan ekstra, para wasit beserta perangkatnya juga akan dilindungi dengan regulasi turnamen yang ketat. Seperti, ofisial klub yang memprotes wasit akan didenda Rp5 juta. Sedangkan bagi pemain yang berani memukul wasit akan didenda Rp100 juta. 

Dalam turnamen PJS, hanya pelatih kepala saja yang diperbolehkan melakukan protes.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi pelajaran berharga untuk sejarah sepak bola nasional," tutup Agus.


(RIZ)