Legislator: KPK Harus Berani Ungkap Kasus Besar

Andi Aisyah Lamboge    •    07 November 2015 09:51 WIB
kpk
Legislator: KPK Harus Berani Ungkap Kasus Besar
Luthfi A Mutty, Ketua Kelompok Fraksi NasDem di Baleg DPR RI (tengah) saat berikan kuliah umum di Unhas, Makassar. (Metrotvnews.com/Andi Aisyah Lamboge)

Metrotvnews.com, Makassar: Institusi KPK harus dikuatkan agar pemberantasan korupsi bisa lebih optimal. Jika korupsi berkurang, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

Hal itu dikemukakan Ketua Partai Nasional Demokrat Sulawesi Selatan Luthfi A Mutty di depan ratusan mahasiswa Fakuktas Hukum Unhas Makassar, Sulawesi Selatan. Pada Jumat 6 November itu, Luthfi memberikan kuliah umum bertajuk Pro Kontra Revisi UU KPK.

Menurut Ketua Kelompok Fraksi NasDem di Baleg DPR RI ini, korupsi adalah kejahatan besar yang harus ditangani secara ekstra. Karena itu penguatan terhadap KPK juga harus lebih ekstra.

KPK, kata dia, harus berani mengungkap kasus-kasus besar seperti BLBI, Bank Century dan resitusi pajak. Dengan begitu, triliunan rupiah uang negara bisa diselamatkan. "Jangan fokus pada kasus korupsi ratusan juta saja," jelas Luthfi.

Luhtfi menegaskan, sikap Nasdem adalah memperkuat institusi pemberantasan korupsi. Undang-undang KPK bisa direvisi asalkan bukan untuk memperlemah KPk itu sendiri.

Kegiatan Luthfi di Unhas adalah bagian dari kegiatan Partai Nasdem Goes To Campus. Kegiatan ini diinisiasi Media Center Fraksi Nasdem DPR RI. Kegiatan ini adalah upaya Nasdem menjalankan fungsinya untuk pendidikan politik kepada masyarakat.

"Kami ingin mendekatkan jarak antara politik praktis di legislatif dengan teori-teori yang berkembang di kampus. Saya mengakui partai politik di Indonesia sekarang sakit keras dan tak mampu jalankan fungsinya," ucap Luthfi.

Dekan Fakultas Hukum Unhas Profesor Farida Patittingi menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, seharusnya anggota DPR hadir di kampus.

"Anggota DPR harusnya sering masuk kampus. Suara kampus perlu didengar karena pemikiran warganya masih murni dan fresh," tutur Farida.

Media Center Nasdem Joice Triatman mengatakan sebelumnya kegiatan serupa digelar di Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. 

"Kami masih akan menggelar kegiatan serupa di beberapa kota di Jawa dan Sumatera. Berbagi pengetahuan kepada masyarakat kampus," ujar Joice.


(SAN)


Video /