Sistem PKS Mirip Sistem Partai Komunis

Meilikhah    •    07 November 2015 10:52 WIB
pks
Sistem PKS Mirip Sistem Partai Komunis
Petinggi PKS Taufik Ridho, Anis Mata, dan Hilmi Aminuddin----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera dinilai sebagai partai paling rapi dalam urusan membangun sistem organisasi dan kaderisasi. Kader PKS dibentuk militan dan mencintai partai.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, militansi dan kecintaan kader membuat seluruh polemik di internal tak terbuka ke publik. Saat terjadi perbedaan pendapat, elemen di dalamnya tak langsung ribut seperti partai besar lainnya. Sistem di partai ini mirip partai komunis.

"Jadi kalau keputusan sudah diambil, peluru pun dia telan. Mungkin mirip dengan sistem partai komunis," kata Qodari dalam diskusi mingguan Perspektif Indonesia di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Teresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/11/2015).

Kondisi ini membuat PKS dinilai bisa bertahan lama. Sebab, sistem yang dibangun tak berpatokan pada tokoh. Hal ini, masih kata Qodari, jelas membuat PKS berbeda dengan Partai Demokrat, sebagai partai yang lahir setelah era reformasi.

Lebih dari itu, PKS juga tak punya basis kepartaian selain sebagai partai Islam. Namun, PKS mencoba membangun sistem dan organisasi sehingga memiliki dua elemen yang punya daya tahan panjang.

"Dia terus coba membangun untuk bertahan," katanya.


(TII)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /