Ini Bahaya Kecanduan Gagdet Pada Remaja

   •    07 November 2015 11:18 WIB
kesehatan
Ini Bahaya Kecanduan Gagdet Pada Remaja
Batasi waktu bermain gadget. (Foto:parentherald.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecanduan gagdet. Ya, mungkin saat ini semua orang seakan tak bisa lepas dari memegang dan memainkan gadget mereka. 

Kecanggihan teknologi dengan menyediakan berbagai media canggih yang digandrungi para remaja seperti Instagram, Path, Twitter, Youtube maupun Line ternyata punya efek yang cukup berbahaya.

Ya, itu akan sangat berbahaya bila remaja sudah bermain gadget melampaui batasnya. Apa saja bahayanya? Ini dia.

1. Berat badan naik
Scientific American melaporkan semakin tinggi bermain ponsel, maka semakin membuat para remaja malas melakukan aktivitas fisik. Dengan demikian tak heran, banyak remaja yang mengalami masalah obesitas.

2. Terisolasi
Studi tahun 2014 menemukan bahwa penggunaan Facebook berlebihan dapat menjadi tanda kesepian. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan orang yang gemar unggah sesuatu di media sosial tipikal orang yang terisolasi dan merasa kehidupan nyatanya tidak sesempurna kehidupan dunia maya. 

3. Munculnya perbandingan sosial
Penelitian lain menunjukkan sering menggunakan media sosial khususnya Instagram akan memicu perbandingan sosial. Anda akan merasa selalu puas dengan yang dimiliki saat ini. Tak heran, di Instagram banyak orang berlomba-lomba menampilkan foto yang memukau yang pada kenyataannya bukanlah gambaran yang sesungguhnya. 

4. Menurunkan produktivitas
Ya, layanan gadget yang semakin canggih akan menggoda Anda untuk lebih bermalas-malasan. Ini akan berujung dengan menurunnya tingkat produktivitas Anda dalam mengemban tugas baik itu tugas kuliah hingga tugas di tempat kerja. 

5. Menurunkan nilai
Sebuah studi terbaru dari London School of Economics mengungkapkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai yang luar biasa saat smartphone dilarang di sekolah, begitupun sebaliknya. 

6. Kesehatan terancam
Terbuai dengan kemajuan teknologi di kalangan remaja akan memicu implikasi kesehatan. Penelitian menunjukkan remaja yang kecanduan gadget selain kurang tidur dan aktivitas fisik ternyata juga berisiko pada kondisi kejiwaannya. (Sumarni/ Huffingtonpost)


(LOV)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /