Nasib Kera Ekor Panjang di Gunung Merapi Belum Diketahui

Pythag Kurniati    •    07 November 2015 11:55 WIB
gunung merapi
Nasib Kera Ekor Panjang di Gunung Merapi Belum Diketahui
Kebakaran di Gunung Merapi (ilustrasi). (Metrotvnews.com/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Boyolali: Kebakaran yang melanda Taman Nasional Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, telah dinyatakan padam. Tim memprediksi sekitar 20 hektar lahan hutan Gunung Merapi ludes terbakar. 

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi di kawasan Boyolali, Wahid Adi Wibowo mengatakan pihaknya akan memastikan luasan lahan yang terbakar setelah operasi pemantauan untuk memastikan tidak ada api yang kembali menyala.

“Karena belum turun hujan, tim terus lakukan pemantauan. Setelah pemantauan rampung kita akan pastikan berapa luasannya termasuk flora dan faunanya,” ungkap Wahid.

Wahid juga memaparkan lokasi yang terbakar merupakan jalur yang biasanya dilalui oleh kelompok kera ekor panjang. Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari relawan adanya kera ekor panjang yang terluka atau terbakar dalam kebakaran tersebut.

“Tidak ada yang terbakar. Tapi karena itu jalur yang biasa dilalui ketika mencari makan, maka saat ini kemungkinan kelompok kera ekor panjang akan berhenti sampai ke Suroteleng atau Gunung Bibi untuk mencari makan, jadi tidak sampai ke Selo,” ujarnya, Sabtu (7/11/2015). 

Sekitar 46 ekor kera ekor panjang dalam satu kelompok biasanya mencari makan hingga ke Selo.

Saat ini, kata Wahid tengah berlangsung operasi pemantauan usai kebakaran. Operasi pemantauan ini terus dilakukan oleh tim hingga hujan turun. Setelah turun hujan, pihak TNGM akan berkoordinasi untuk menyusur tempat-tempat yang terbakar serta memantau ekosistem hutan.

Kebakaran Hutan Gunung Merapi diketahui terjadi Minggu, 1 November 2015. Kebakaran terjadi di kawasan Selo Boyolali dan meluas ke barat hingga ke Desa Bakalan. Setelah sekitar tiga hari terbakar, api akhirnya dapat dipadamkan oleh tim gabungan pada Selasa, 3 November 2015 sore.


(SAN)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /