Harapan Petani dan Nelayan Hadapi MEA

Pythag Kurniati    •    07 November 2015 12:48 WIB
pertaniankementan ads
Harapan Petani dan Nelayan Hadapi MEA
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di acara rembug paripurna dan ekspo KTNA di Asrama Haji Donohudan, Jumat (06/11/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Boyolali: Acara Rembug Paripurna Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Indonesia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah telah dibuka.

Dalam acara tersebut Ketua KTNA, Winarno Tohir menyampaikan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah dihadapan mata. Dia berharap pemerintah mengutamakan pelatihan petani dan nelayan dengan teknologi tepat guna dan efisien.

"Selain itu juga kemudahan memperoleh modal usaha,” ungkapnya.

Petani dan nelayan juga mengharapkan tenaga penyuluh mampu membimbing petani serta menjembatani pasar. Mereka juga meminta adanya regulasi yang tegas mengenai masuknya produk impor yang dapat melesukan para petani.

Harapan tersebut disampaikan kepada Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang membuka rembug paripurna pada Jumat 6 November.

Dalam kesempatan tersebut Mentan mengatakan Presiden telah menginstruksikan Bulog untuk menggunakan gabah dari para petani Indonesia. 

Selain itu, Presiden juga telah memerintahkan Mentan untuk menuntaskan beberapa permasalahan utama. Antara lain, perbaikan 52 persen irigasi di seluruh Indonesia, ketersediaan benih unggul, distribusi pupuk, alat dan mesin pertanian serta tenaga penyuluh pertanian.

Rembug Paripurna ini merupakan forum lima tahunan yang diadakan oleh KTNA untuk memilih ketua umum KTNA tahun 2015 – 2020 serta merumuskan beberapa rekomendasi untuk pemerintah. Selain Rembug Paripurna, juga digelar acara pameran KTNA.

Rangkaian acara yang digelar 5 hingga 8 November 2015 ini diikuti oleh 2.500 peserta dari seluruh daerah di Indonesia. “Rencananya tahun 2017, KTNA juga akan mengundang 50 ribu orang petani dan nelayan di Indonesia dalam pekan nasional,” pungkas Winarno. 


(SAN)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

36 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /