Waduk Jebol, Rumah Warga Terendam Banjir Lumpur

Fajar Nugraha    •    07 November 2015 12:59 WIB
bencana alam
Waduk Jebol, Rumah Warga Terendam Banjir Lumpur
Banjir lumpur yang terjadi di Brasil (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Brasilia: Banjir lumpur datang tanpa peringatan di Brasil. Akibatnya sekitar 600 rumah warga terendam lumpur.

Warga di wilayah Bento Rodrigues, hanya memiliki waktu sempit untuk melakukan evakuasi. Suara dari dua waduk yang jebol pada Kamis malam (6/11/2015), terdengar dari wilayah tambang bijih besi Samarco di Minas Gerais.

Ajaibnya, meskipun dalam waktu minim, tidak banyak korban jiwa dilaporkan di wilayah Minas Gerais. Dua orang dilaporkan tewas dalam bencana ini.

Sementara pejabat Brasil menyebutkan empat orang terluka dalam kejadian tersebut. Jumlah korban tewas kemungkinan akan terus bertambah, mengingat ada 13 orang lain dilaporkan hilang. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (7/11/2015).

Pejabat Brasil pun menambahkan bahwa hingga saat ini hanya sekitar 100 dari 600 jiwa yang berhasil ditemukan.  

Sedangkan penyebab dari jebolnya waduk masih belum diketahui. Namun sebuah laboratorium seismologi di University of Brasilia melaporkan adanya getaran skala kecil yang tercatat, beberapa jam sebelum bencana terjadi.

Hal berbeda diutarakan oleh Juru Bicara Badan Survei Geologis AS (USGS) John Bellini. Menurutnya USGS tidak menerima data adanya getaran di dekat lokasi kejadian.

Hingga saat ini, ratusan warga selamat berada di tempat penampungan di sebuah gedung olahraga di Kota Mariana. Gubernur Fernando Pemintel mendesak banjir lumpur ini sebagai tragedi lingkungan dan menyatakan kejadian tersebut sebagai bencana alam terbesar di wilayah Bento Rodrigues.


(FJR)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

58 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /