Jelang GP Valencia

Optimisme Rossi untuk Raih Gelar Juara Dunia ke-10

Kautsar Halim    •    07 November 2015 13:55 WIB
motogpvalentino rossimotogp 2015
Optimisme Rossi untuk Raih Gelar Juara Dunia ke-10
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (AFP PHOTO/ JOSE JORDAN)

Metrotvnews.com, Valencia: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mengaku tetap optimistis untuk merebut gelar juara dunianya yang ke-10 melalui ajang MotoGP Valencia, Minggu 8 November. Sejauh ini, dua latihan bebas Rossi berjalan lancar dan selisih waktunya juga tidak terlalu jauh dengan Jorge Lorenzo.

Rossi yang saat ini sukses memuncaki klasemen sementara para pembalap hanya berselisih tujuh poin saja dengan Lorenzo. Namun, rekan setimnya itu bakal lebih diuntungkan karena Rossi harus memulai seri pamungkas ini dengan start dari urutan paling belakang.

Modal buruk itu terpaksa didapat Rossi karena sanksi yang dijatuhkan Race Direction seusai seri sebelumnya, atau pada saat GP Malaysia dua pekan lalu. Saat itu, Rossi mendapat tambahan tiga poin penalti karena dianggap menendang pembalap Repsol Honda Marc Marquez pada lap ketujuh.  

Meski begitu, segala kemungkinan untuk mewujudkan mimpi Rossi sebagai juara dunia 10 kali tetap terbuka. The Doctor mengklaim tetap optimistis dan bakal memanfaatkan kecepatan di tikungan untuk menyalip rival-rivalnya pada balapan nanti. Sejauh ini, catatan waktu Rossi hanya berselisih kurang dari satu detik dari Lorenzo yang terus mendominasi dua sesi latihan bebas.

"Semuanya tergantung kecepatan saya. Jika saya fit dan setting motor kami tepat, maka kesulitan itu (start paling buncit) bisa sedikit diatasi," kata Rossi seusai latihan bebas kedua.

"Tapi, lintasan di Valencia tampaknya cukup sulit untuk menyalip lawan. Pasalnya, trek ini cukup sempit dan motor kami juga tidak terlalu cepat di lintasan lurus. Jadi, kami harus mencari cara lain untuk menyalip lawan. Itu artinya, kami perlu setting rem dengan baik agar bisa unggul di tikungan," tambah Rossi.

Banyak skenario agar poin Rossi tetap unggul atas Lorenzo seusai GP Valencia. Di antaranya, jika Lorenzo finis diurutan ketiga maka Rossi harus finis di urutan keenam. Namun, hitung-hitungan konkretnya tentu Rossi harus finis di depan Lorenzo. (crash)


(KAU)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /