BNP2TKI Nilai Kinerja 498 PPTKIS

   •    07 November 2015 16:02 WIB
bnp2tki
BNP2TKI Nilai Kinerja 498 PPTKIS
Ketua BNP2TKI Nusron Wahid. (FOTO: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menilai kinerja/rating Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) semester II-2015 kepada 498 PPTKIS.

Penilaian kinerja/rating ini dilakukan dalam rangka mengembangkan iklim industri PPTKIS yang menjadi bagian penting dalam proses penempatan TKI ke Luar Negeri menjadi lebih baik. Demikian disampaikan Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro, dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (7/11/2015).

Dia mengatakan, penilaian kinerja/rating PPTKIS semester I-2015 telah sukses dilakukan yang dikuti oleh 447 PPTKIS dengan hasil penilaian Baik, Cukup, dan Pembinaan Khusus.

"Saat ini BNP2TKI akan memulai penilaian kinerja/rating PPTKIS semester II-2015 dengan menilai kinerja PPTKIS pada periode Januari sampai dengan Juni 2015," ujarnya.

Dia menambahkan,  penilaian kinerja/rating PPTKIS semester II-2015, meliputi empat aspek penilaian yaitu aspek manajemen risiko dengan bobot penilaian 20 persen, aspek proses dengan bobot penilaian 20 persen, aspek output dengan bobot penilaian 30 persen, dan aspek kepuasan pelanggan dengan bobot penilaian 30 persen.

Adapun tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja/rating PPTKIS ini adalah pertama, membangun iklim kompetisi yang sehat di antara PPTKIS dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas.

Kedua, memberikan referensi bagi seluruh lembaga pendukung penempatan untuk melakukan kerja sama. Ketiga, memberikan referensi bagi CTKI dalam memilih PPTKIS yang tepat. Keempat, membantu BNP2TKI dalam menjalankan fungsi pembinaan PPTKIS secara efektif.

"Penilaian kinerja/rating PPTKIS ini bekerja sama dengan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFE-UI) sebagai lembaga yang indipenden dalam melaksanakan penilaian terhadap PPTKIS," jelasnya.

Berbeda dengan penilaian kinerja/rating PPTIKS semester I-2015, pada semester II ini seluruh Direktur Utama PPTKIS tidak perlu datang tapi hanya dengan mengunduh kuesioner di website bnp2tki.go.id atau Website SISKOTKLN, selanjutnya diisi dan dilengkapi dengan dokumennya lalu dikirim ke LDFE-UI.

"Ini untuk memudahkan PPTKIS, sehingga PPTKIS yang jauh tidak perlu datang. Dan bisa mudah melakukan pengisian kuesioner penilaian kinerja/rating PPTKIS, mengunduh, mengisi, kemudian mengirimkan lampiran dokumennya," papar dia.

Adapun jadwal Penilaian kinerja/rating PPTKIS Semester II-2015 sebagai berikut:
1. 7-13 November 2015 PPTKIS mengunduh, mengisi dan mengirimkan kuesioner dan lampiran dokumen melalui pos atau jasa pengiriman paket.
2. 14-20 November 2015 verifikasi kuesioner dan lampiran dokumen oleh LDFE-UI.
3. 21-27 November 2015 survey lapangan secara random oleh LDFE-UI.
4. 28 November-7 Desember 2015 dilakukan pengolah data oleh LDFE-UI.
5. 10  Desember 2015 pengumuman penilaian kinerja/rating PPTKIS semester II-2015 oleh BNP2TKI.

Dia menjelaskan penilaian kinerja/rating PPTKIS ini  merupakan Program Strategis BNP2TKI yang tertuang dalam Renstra BNP2TKI Tahun 2015-2019 menyangkut reformasi kinerja penempatan TKI sejak pra, penempatan, purna dan pemberdayaan. Penilaian kinerja/rating PPTKIS 2015 ini merupakan inisiasi awal yang akan dilakukan secara rutin dua kali dalam setahun. (adv)


(AHL)

Video /