Pembangunan Tol Manado-Bitung Didominasi Investor Asing

Dian Ihsan Siregar    •    08 November 2015 13:00 WIB
jalan tol
Pembangunan Tol Manado-Bitung Didominasi Investor Asing
Pengerjaan proyek tol Manado-Bitung (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)

Metrotvnews.com, Manado: Plt Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Soni Sumarsono membenarkan pembangunan proyek jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer (km) banyak dikerjakan oleh investor asing bila dibandingkan dengan porsi pemerintah.

Menurut Soni, pemerintah tidak besar dalam mengeluarkan investasi di jalan tol Manado-Bitung lantaran penggunaan investasi tersebut menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Investasi asing besar memungkinkan karena APBN kita fokusnya ke infrastruktur daerah, pembiayaan transfer daerah, dan tol laut," jelas Soni, di Manado, Sabtu 7 November. 

Ia merinci, investasi asing untuk pembangunan jalan tol Manado-Bitung mencapai 70 persen, sedangkan sisanya sebanyak 30 persen dikerjakan oleh pemerintah. "Alasan asing lebih besar karena investasi pemerintah sudah susah. Jadi swasta 70 persen, sisanya kita (pemerintah) cuma 30 persen," ungkap dia.

Seperti diketahui, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ada empat konsorsium yang akan melanjutkan tender sebagian pembangunan jalan tol Manado-Bitung. Salah satunya datang dari Malaysia sebagai calon yang mengerjakan.

"Jadi ada Waskita Karya. Kemudian ada Konsorsium Jasa Marga, PT PP dan Wijaya Karya. Lalu ada konsorsium yang dipimpin Bangun Tjipta Sarana. Kemudian terakhir ada dari Malaysia yaitu konsorsium HCM Dewanto," pungkasnya. 

Tol Manado-Bitung memiliki dua seksi pekerjaan. Seksi I sepanjang 14 km, yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan seksi II sepanjang 25,9 km menjadi tanggung jawab swasta. Konstruksi jalan tol ini direncanakan selesai di Juni 2018.


(ABD)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /