Industri Manufaktur Kaltim Tumbuh 4,51%

   •    08 November 2015 14:44 WIB
bps
Industri Manufaktur Kaltim Tumbuh 4,51%
Gedung BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Samarinda: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi industri manufaktur atau pengolahan skala besar dan sedang di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada kuartal III-2015 mengalami pertumbuhan cukup positif sekitar 4,51 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Industri manufaktur merupakan salah satu dari tiga industri penopang utama perekonomian di Kaltim, sehingga mempunyai peran penting dalam pergerakan ekonomi dan pembangunan daerah," ujar Kepala BPS Provinsi Kaltim Aden Gultom, seperti dikutip dari Antara, di Samarinda, Sabtu (8/11/0215).

Nilai tambah yang dihasilkan dari sektor industri manufaktur merupakan penyumbang kedua terhadap pertumbuhan ekonomi di Kaltim setelah sektor pertambangan. Namun, peranan terbesar dari sektor industri pengolahan masih didominasi oleh industri minyak dan gas (migas) yang sebesar 18,91 persen, sementara industri pengolahan nonmigas memberikan kontribusi hanya 5,62 persen.

Aden menjelaskan, kegiatan industri manufaktur di Kaltim tersebar di hampir kabupaten/kota, seperti di Kota Balikpapan, Bontang, Samarinda, dan sejumlah kabupaten dengan spesifikasi usaha industri yang berbeda.

"Misalnya di Balikpapan dengan kantong industri pengolahan minyak, mesin, dan peralatan. Kota Samarinda dengan industri pengolahan kayu dan mesin, Bontang dengan industri pengolahan pupuk, kimia, dan gas, dan Kabupaten Kutai Kartanegara dengan industri pengolahan Crude Palm Oil (CPO)," pungkasnya. 


(ABD)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /