AS Ingatkan Potensi Peperangan di Laut China Selatan

Willy Haryono    •    08 November 2015 15:29 WIB
laut china selatan
AS Ingatkan Potensi Peperangan di Laut China Selatan
Menhan AS Ashton Carter berbicara ke personel militer AS di atas kapal USS Theodore Roosevelt, 5 November 2015. (Foto: AFP / Senior Master Sgt. Adrian Cadiz / DOD)

Metrotvnews.com, California: Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter mengingatkan bahwa reklamasi lahan dan penambahan jumlah personel militer di Laut China Selatan dapat berujung pecahnya konflik antar negara di kawasan Asia. 

Berbicara di sebuah forum di Ronald Reagan Presidential Library di California, Sabtu (7/11/2015), Carter mengatakan kekhawatirannya atas konflik Laut China Selatan telah dibagi dengan negara lainnya.

"AS bergabung dengan semua orang di kawasan (Asia) dan sama-sama khawatir mengenai reklamasi lahan di Laut China Selatan," tutur Carter, seperti dikutip AFP

Carter menambahkan dirinya juga khawatir mengenai "prospek militerisasi lanjutan, dan juga potensi aktivitas-aktivitas tersebut dapat memicu miskalkulasi dan konflik antar negara."

Forum Reagan National Defense adalah acara rutin yang mempertemukan figur pertahanan top AS -- termasuk politisi dari Partai Demokrat dan Republik -- untuk membicarakan kebijakan pertahanan Negeri Paman Sam. 

Ketegangan Amerika Serikat dan Tiongkok atas perairan kontroversial Laut China Selatan mengacaukan jadwal Menteri Pertahanan AS Ashton Carter. 

Konferensi pers disertai pernyataan gabungan yang dijadwalkan berlangsung antara Carter dengan Menhan Tiongkok Chang Wanquan di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, dibatalkan.

Alasan pembatalan adalah Tiongkok menolak jika isu pulau buatannya di Laut China Selatan, yang dikecam sejumlah negara didirikan sepihak secara ilegal, disinggung dalam pertemuan. 

"Setahu kami tidak akan ada pernyataan gabungan," ujar seorang pejabat Kemenhan AS yang menolak disebutkan namanya. 

"Menurut pandangan kami, lebih baik tidak ada pernyataan ketimbang ada tapi menghindari membicarakan masalah penting seperti (pulau) reklamasi Tiongkok dan militerisasi di Laut China Selatan," sambung dia.

Gesekan AS-Tiongkok meningkat akhir Oktober, saat kapal perang Negeri Paman Sam USS Lassen berlayar dalam jarak 12 mil dari pulau buatan Tiongkok di Laut China Selatan, tepatnya di area Kepulauan Spratly.


(WIL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /