Pemerintah Lakukan Inklusi Keuangan Atasi Middle Income Trap

Angga Bratadharma    •    08 November 2015 15:34 WIB
ekonomi indonesia
Pemerintah Lakukan Inklusi Keuangan Atasi <i>Middle Income Trap</i>
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai sejumlah negara berpendapatan menengah gagal keluar dari krisis. Hal ini disebabkan negara-negara itu mengalami middle income trap akibat negara-negara tersebut gagal melakukan transformasi.  

Menteri Koordiator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, banyak negara berpendapatan menengah terperangkap dan tidak sanggup naik kelas menjadi negara maju. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak mampunya melakukan transformasi ekonomi melalui inklusi keuangan.

"Dan tanda-tanda tersebut juga ada pada Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan transformasi ekonomi. Ada sebuah program yang kami siapkan bersama Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan, yaitu yang disebut inklusi keuangan," ujar Darmin, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (8/11/2015). 

Darmin menambahkan, inklusi keuangan merupkan program keterbukaan akses keuangan bagi masyarakat luas. Sebab, sejauh ini akses keuangan, khususnya permodalan bagi masyarakat ataupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih sangat sulit.  Pendekatan ini diharapkan dapat mengurangi ketimpangan, kemiskinan, dan ketidakadilan ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

"Sementara deregulasi dan debirokrasi yang telah kita lakukan adalah bagian untuk membuka ruang lebih lebar untuk sebuah perubahan besar. Hanya sebuah cara untuk membuka potensi kita yang sebenarnya ada tetapi dipersulit oleh birokrasi," ujar Darmin.

Selain menyiapkan program inklusi keuangan, Darmin juga meminta pengusaha muda terjun dalam bisnis pemasaran produk UMKM, caranya dengan berbisnis sebagai agregator. Sebab sejauh ini kelemahan UMKM adalah disisi pemasaran, terlebih Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah didepan mata.


(ABD)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /