Hujan Deras Turun, Warga Wonogiri Diminta Waspadai Longsor

Widjajadi    •    08 November 2015 16:27 WIB
hujan
Hujan Deras Turun, Warga Wonogiri Diminta Waspadai Longsor
Jalur yang menghubungkan Jateng dan Jatim tertutup longsor pada akhir tahun 2014, Metrotv - Andy Kurniawan

Metrotvnews.com, Wonogiri: Hujan deras mulai mengguyur wilayah Solo dan sekitarnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Jawa Tengah, pun meminta warga mengantisipasi ancaman longsor di musim hujan.

Pada kemarau panjang, tanah perbukitan mengering dan retak. Ketika hujan turun, air memasuki celah tanah bukit. Sehingga itu berpotensi memunculkan longsor.

"Jadi warga harus ekstra waspada saat hujan turun," tegas Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (8/11/2015).

Sejumlah wilayah yang rentan bencana longsor yaitu Kecamatan Selogiri, Manyaran, Tirtomoyo, Jatiroto, dan juga Bulurejo. Bahkan sisa dari bencana longsor di dukuh Timoyo, Desa Berjo kecamatan Manyaran tahun lalu, telah menyisakan ancaman batu raksasa yang siap menggelundung, menghancurkan pemukiman yang berada di bawahnya.

"Saat ini batu raksasa itu sudah terbelah, dan kekuatan penahan agar tidak meluncur kebawah, hanya bersandar pada sebuah pohon besar yang sudah doyong. Jika hujan turun dan mengerus tanah sekitar pohon, saya khawatir akan menggelinding ke bawah dan menghancurkan paling tidak tiga rumah yang ada sekitar seratur meter dari batu yang ada di atas bukit," terang Kades Berjo, Roh Edy Wibowo.


(RRN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

1 day Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /