5 Gangguan Tidur Selain Insomnia

   •    08 November 2015 17:35 WIB
kesehatan
5 Gangguan Tidur Selain Insomnia
Gangguan tidur harus diatasi agar tak mengganggu kualitas tidur (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur nyenyak setiap malam penting agar kesehatan terjaga. Namun, terkadang saat tidur ada hal-hal yang mengganggu sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

Ada beberapa hal yang menganggu kenyamanan tidur selain insomnia. Apa saja?

1. Mengigau
Berbicara saat tidur atau hanya berupa gumaman dikenal dengan sebutan somniloquy. Alasan utama kondisi ini disebabkan stres, kebanyakan konsumsi alkohol, atau tidak cukup tidur.

2. Makan sambil tidur
Jangan terkejut, benar-benar ada kejadian seseorang yang makan sambil tidur. Saat itu, seseorang tidak sadar jika dirinya berjalan ke dapur untuk menyantap makanan. Hati-hati kondisi ini dapat membahayakan karena Anda bisa melukai diri sendiri ketika memagang pisau tanpa sadar.

3. Merasa terjatuh
Dalam kondisi ini, seseorang merasa seolah-olah jatuh dari langit, tebing, atau gunung. Akibatnya, Anda akan tersentak layaknya jatuh sungguhan dan terbangun sejenak.

4. Kelumpuhan tidur
Kelumpuhan tidur berarti seseorang terjaga, tapi masih tidak bisa bergerak dan merasa seperti sedang lumpuh. Alasannya mungkin karena ada bagian dari otak yang membuat Anda bangun lebih cepat dibandingan bagian otak lainnya seperti yang mengendalikan otot tubuh masih beristirahat.

5. Tidur berjalan
Faktor utama seseorang berjalan sambil tidur adalah kebanyakan minum alkohol, kelelahan ekstrem, pikiran terganggu, atau menderita penyakit tertentu. Tidur berjalan tidak boleh dianggap sepele karena membahayakan. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

1 day Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /