P3M Akan Kaji Saran Gubernur Soekarwo Terkait Pemekaran

Amaluddin    •    08 November 2015 18:58 WIB
madura mau jadi provinsi
P3M Akan Kaji Saran Gubernur Soekarwo Terkait Pemekaran
Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo berjabat tangan dengan tokoh Madura dalam pertemuan terkait pembentukan Provinsi Madura, 8 November 2015/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Panitia Persiapan Provinsi Madura (P3M) Achmad Zaini mengaku akan berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan forum pimpinan daerah di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Ini terkait saran Gubernur Jawa Timur Soekarwo yakni P3M sebaiknya memekarkan Kecamatan Kamal yang kini masuk dalam Kabupaten Bangkalan menjadi Kota Kamal terlebih dahulu.

"Saran ini akan kami sampaikan kepada tokoh dan masyarakat Madura. Akan secepatnya mengkaji saran Gubernur untuk pembentukan Kota Kamal," kata Zaini usai bertemu Gubernur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/11/2015).

Zaini mengaku akan meninjau ulang dan membuat Naskah Akademis (Na) tentang pembentukan kota atau kabupaten baru. Tentang pembentukan kota Kamal ini, kata Zaini, pihaknya menargetkan dalam dua tahun untuk mempersiapkan pemekaran kota/kabupaten sampai peresmian kota.

Namun, Ia belum dapat berbicara banyak tentang konsep Kota Kamal dan proses pembagian dengan Kabupaten Bangkalan. "Setelah ini kita sampaikan di jajaran DPRD. Yang pasti kita taat dengan aturan dan mekanisme yang ada," kata dia.

Di tempat yang sama, Rektor universitas Trunojoyo Muhamad Syarif mengatakan, pihaknya bertugas mengkaji secara akademis tentang syarat adminstratif yang perlu dilakukan untuk pembentukan Kota Kamal.

"Kita akan pelajari apa saja syarat adminstratif tentang pemekaran dan apa saja yang diperlukan. Kami setuju tentang pembentukan provinsi ini. Konsepnya dalah untuk kesejahteraan masyarakat dan syiar Islam," ujar Syarif.

Sementara itu, Deklarasi Provinsi Madura rencananya akan dilaksanakan pada 10 November, tepat peringatan Hari Pahlawan. Delarasi ini untuk menunjukkan kepada masyarakat Jatim dan masyarakat Indonesia tentang perjuangan Madura memisahkan diri dari Jawa Timur. P3M mengklaim mendapat dukungan dan persetujuan dari sejumlah tokoh masyarakat dan empat bupati di Pulau Madura yakni Kabupaten Sampang, Bangkalan, Sumenep, dan Pamekasan.


(TTD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /