Hujan Turun, Yogyakarta Masuki Masa Peralihan

Ahmad Mustaqim    •    08 November 2015 19:59 WIB
hujan
Hujan Turun, Yogyakarta Masuki Masa Peralihan
Ilustrasi hujan, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hujan dengan intensitas mengguyur sebagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu siang 8 November. Hujan yang disertai angin dan petir itu berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Staf Data dan Informasi BMKG DIY, Etik Setyaningrum, mengatakan hujan terjadi di beberapa wilayah. Yakni sisi utara dan barat Kota Yogyakarta.

Ia memprediksi, hujan berpotensi turun di wilayah selatan Kota Yogyakarta, Bantul dan Gunungkidul. "Kemarin kan di utara Kulonprogo dan Sleman barat (hujan), sekarang Kota Yogya," ujarnya Minggu (8/11/2015).

Meski sudah mulai turun hujan, menurutnya saat ini sedang memasuki masa peralihan, dari musim kemarau ke musim hujan. Adapun ciri-ciri masa peralihan tersebut yakni curah hujan turun di waktu siang atau sore hari yang diselingi dengan petir.

"Masa peralihan ditimbulkan angin kencang, dan curah hujan dengan durasi pendek. Masyarakat perlu waspada dan antisipasi jika terjadi angin kencang, jangan berada di bawah pohon yang tinggi," ucapnya.

Koordinator Operasional Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Joko Budiono menambahkan, awal musim hujan di Yogyakarta terbagi atas tiga periode. Wilayah Sleman dan Kulonprogo bagian barat masuk periode pertama awal musim hujan.

Kemudian, Kabupaten Kulonprogo bagian selatan, Bantul, dan Gunungkidul bagian utara masuk dalam periode kedua awal musim hujan. "Periode terakhir awal musim hujan di Yogyakarta terjadi di Gunungkidul bagian selatan," jelasnya.


(RRN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /