Masuki Musim Penghujan, Banjir dan Longsor Mengancam Indonesia

Damar Iradat    •    09 November 2015 01:51 WIB
musim hujan
Masuki Musim Penghujan, Banjir dan Longsor Mengancam Indonesia
Ilustrasi banjir bandang. Foto: Antara/Rizky Pinnossa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian wilayah Indonesia mulai dibasahi hujan. Bencana banjir dan longsor kini mulai mengancam.

Seperti di Sumatera dan Kalimantan telah memasuki musim penghujan. Sementara itu, di Jawa, awal musim penghujan diperkirakan bakal dimulai pada akhir November hingga awal Desember. Fenomena bergesernya musim penghujan juga disebabkan El Nino yang berkepanjangan.

Pergantian musim membuat pemerintah harus awas dengan bencana banjir dan tanah longsor yang akan terjadi di beberapa titik rawan. Ada 64 juta jiwa masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan sedang-tinggi dari banjir.

"Mereka tersebar di 315 kabupaten/kota. Sedangkan longsor, ada 41 juta jiwa masyarakat yang tinggal di daerah rawan sedang-tinggi longsor di 274 kabupaten/kota. Pemerintah dan pemda harus melindungi masyarakat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (8/11/2015).

Sutopo mengatakan, rapat koordinasi teknis antisipasi banjir dan longsor perlu dilakukan segera. BNPB dan BPBD diminta segera menyusun rencana kontinjensi menghadapi banjir longsor yang memuat kebijakan, strategi, peta bencana, komando, upaya, pengerahan sumber daya, dan lainnya.

Rencana kontinjensi ini, lanjut Sutopo, harus disepakati semua pihak sehingga saat terjadi bencana dapat diaktivasi menjadi rencana operasi. Rencana kontinjensi akan memudahkan semua pihak melakukan upaya sesuai tupoksi masing-masing.

Peringatan dini dari berbagai pihak seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera), Lapan dan lainnya perlu dicermati sehingga dapat memperoleh informasi yang update. Sosialisasi dan simulasi juga harus diintensifkan.

"Pola banjir dan longsor umunya berlangsung selama penghujan dan puncaknya dari Desember, Januari hingga Februari," kata dia.

Banjir dan longsor sesungguhnya adalah bencana yang dapat diantisipasi karena dapat diprediksi dan dikenali sehingga korban dapat dihindari.


(DRI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /