Hujan Sejak Minggu Siang, Manggarai Siap Terima Kiriman Air Katulampa

Damar Iradat    •    09 November 2015 02:44 WIB
banjir jakarta
Hujan Sejak Minggu Siang, Manggarai Siap Terima Kiriman Air Katulampa
Ilustrasi Bendungan Katulampa, Bogor. Foto: Antara/Jufkahiri.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pintu Air Manggarai, Jakarta, bersiap menerima kiriman air dari Bendungan Katulampa, Bogor. Hujan yang turun sejak siang hingga Minggu malam jadi penyebabnya.

Petugas pos jaga Pintu Air Manggarai, Julianto mengatakan, hujan di Bogor dan Depok menyebabkan debet air di kedua lokasi meninggi. Menurut data yang diterimanya, pada pukul 18.00 WIB, ketinggian permukaan air di bendungan Katulampa mencapai 120 centimeter.

"Saat ini ketinggian air di Pintu Air Manggarai masih di bawah normal, yaitu 580 centimeter, namun kita mengantisipasi perubahan permukaan air pada tengah malam, menyusul kiriman air dari Katulampa dan Depok," kata Julianto, Minggu (8/11/2015).

Dengan ketinggian 120 cm, bendungan Katulampa berstatus Siaga IV dan siap beralih ke Siaga III jika permukaan air mencapai 150 cm. Sementara itu, peningkatan permukaan air di Pintu Air Depok pada pukul 18.00 WIB adalah 100 cm, sedangkan pada pukul 22.00 WIB tercatat 195 cm.

"Hal ini disebabkan oleh air hujan kiriman dari Bendungan Katulampa yang sudah mencapai Pintu Air Depok," paparnya.

Menurutnya, debit air dari Depok akan tiba di Jakarta dalam waktu enam jam sejak pukul 22.00 WIB. Selain itu, curah hujan di Jakarta dan sekitarnya memengaruhi tinggi permukaan air di Pintu Air Manggarai. "Mudah-mudahan tidak ada hujan lagi malam ini, agar permukaan air tidak naik," ujar Julianto.

Hingga berita ini diturunkan, otoritas Bendungan Katulampa belum bisa dihubungi.(ANTARA)


(DRI)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /