Siklon Megh Hantam Yaman, Satu Orang Tewas

Willy Haryono    •    09 November 2015 15:07 WIB
topan badai
Siklon Megh Hantam Yaman, Satu Orang Tewas
Foto NASA memperlihatkan Siklon Megh di Laut Arab, 7 November 2015. (Foto: AFP/NASA)

Metrotvnews.com, Dubai: Siklon kuat kedua yang menghantam Yaman dalam dua pekan terakhir menewaskan satu orang dan membuat 5000 lainnya melarikan diri dari pulau Socotra. 

Badai terbaru ini, yang dinamakan Megh, datang kurang dari sepekan setelah Siklon Chapala menewaskan 11 warga Yaman di Socotra dan pulau utama. 

"Wanita di usia 40-an meninggal dunia saat puing rumah menimpa dirinya, sementara empat lainnya terluka," kata Mohammed Alarqbi dari Badan Lingkungan Socotra via sambungan telepon dengan Reuters, Minggu (8/11/2015). 

"Siklon Megh lebih buruk dari Chapala karena melewati langsung Socotra," sambung dia. 

Menurut Alarqbi, kerusakan material dalam siklon ini juga jauh lebih besar daripada Chapala. Banyak warga yang melarikan diri dari pesisir utara ke sejumlah sekolah, universitas dan rumah sakit. 

Megh diperkirakan menghantam pesisir timur Aden pada Selasa. Kecepatan putaran angin Megh mencapai 90 hingga 120 kilometer per jam. 

Badan Koordinasi Kemanusiaan PBB melaporkan lebih dari 230 ribu orang di pulau utama Yaman akan terpapar hujan deras dan angin kencang, terutama di wilayah Abyan dan Al Bayda. 


(WIL)

Video /