BPCB Khawatir Candi Jadi Target Terorisme

Ahmad Mustaqim    •    09 November 2015 15:45 WIB
terorisme
BPCB Khawatir Candi Jadi Target Terorisme
​Candi Borobudur pernah jadi target terorisme pada 1985, Ant - Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Muhammad Taufik mengatakan instansinya membentuk petugas khusus pengamanan untuk menjaga situs, baik itu candi maupun benda cagar budaya. Menurutnya, pembentukan petugas khusus itu untuk mengantisipasi aktivitas terorisme yang bisa menyasar benda yang dilindungi.

"Dari informasi yang diperoleh dari intelijen polisi, salah satu yang menjadi target yakni candi di DIY-Jateng," kata Taufik saat dihubungi, Senin (9/11/2015).

Taufik mengklaim, ancaman tersebut sudah ada di beberapa lokasi. Menurut dia, sebab munculnya ancaman itu karena ada sejumlah masyarakat Indonesia yang diduga menjadi pengikut kelompok radikal itu.

"Bagian candi di Candi Borobudur pernah diledakkan Januari 1985. Ancamannya masih cukup tinggi," ujarnya.

Ia menambahkan, selain membentuk petugas khusus, BPCB juga melibatkan kepolisian untuk membantu menjaga benda cagar budaya itu. Selain menjaga, polisi juga dilibatkan dalam memberikan pelatihan khusus untuk petugas keamanan dan sejumlah tim BPCB.

"BPCB juga memasang kamera pemantau CCTB di candi-candi besar, seperti Prambanan dan Borobudur," kata dia.

Ia berharap, meskipun ada upaya melindungi benda cagar budaya, tak sampai terjadi yang tak diinginkan. "Supaya tidak merusak warisan masa lampau," ungkapnya.


(RRN)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /