Polusi Udara Tiongkok 50 Kali Batas Aman WHO

Willy Haryono    •    09 November 2015 16:04 WIB
polusi tiongkok
Polusi Udara Tiongkok 50 Kali Batas Aman WHO
Kabut polusi menyelimuti kota Changchun, Tiongkok, Minggu (8/11/2015). (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Changchun: Sejumlah wilayah di Tiongkok diselimuti kabut tebal polusi yang levelnya 50 kali lebih tinggi dari batas rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. 

PM2.5, partikel kecil yang merusak kesehatan, mencapai 860 mikrogram per meter kubik di Changchun, kota dengan sekitar delapan juta penduduk, pada Senin (9/11/2015).

Kadar maksimal rekomendasi WHO atas PM2.5 adalah rata-rata 25 mikrogram per 24 jam. 

Serangkaian foto memperlihatkan kabut tebal di Changchun, ibu kota provinsi Jilin. Saking tebalnya, gedung-gedung tinggi di wilayah tersebut hampir tak terlihat.

Seperti dikutip AFP, terdapat satu foto papan lampu sebuah restoran yang terlihat seperti melayang di udara, dengan tulisan "Northeastern Dumpling King."

Kantor berita Xinhua melaporkan sebuah rumah sakit di kota Shenyang kebanjiran pasien yang mengeluhkan penyakit pernapasan. 

"Kabut hari ini benar-benar parah dan mencekik - saat saya keluar rumah saya sempat mengira ada rumah seseorang yang terbakar," tulis sebuah poster di Sina Weibo, media sosial khas Tiongkok. 

Pemerintah kota Changchun sudah memulai respon darurat "level tiga," dengan meminta sejumlah sekolah untuk menghentikan kegiatan di luar ruangan dan mengimbau warga untuk tetap berada di dalam rumah. 

Masalah polusi Tiongkok dikaitkan dengan ratusan ribu kematian prematur. Partikel PM2.5 berperan dalam penyakit jantung, stroke, dan masalah paru-paru seperti emphysema dan kanker. 

Netizen di Tiongkok geram atas kondisi polusi udara saat ini. "Jika sejumlah perusahaan berani membeli batubara kualitas rendah dan mencemarkan lingkungan, maka mereka harus secepatnya ditembak mati," tulis sebuah poster di Sina Weibo.


(WIL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /