Gubernur Jawa Barat Imbau Warga Waspada Banjir

Jaenal Mutakin    •    09 November 2015 17:46 WIB
banjir
Gubernur Jawa Barat Imbau Warga Waspada Banjir
Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kiri) saat penghijauan DAS Citarum 2012/Ant_Unang

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau warga Jawa Barat dan Jakarta waspada potensi banjir pada musim kali ini. Ini merujuk pada data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi intensitas curah hujan pada akhir tahun hingga awal 2016.

"Kondisi lingkungan pemicu banjir langganan dinilai masih belum membaik. Pendekatan struktural yang kita lakukan di Citarum misalnya, itu belum sepenuhnya optimal. Sehingga kami imbau warga untuk waspada," kata Ahmad Heryawan, di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (9/11/2015).

Pria yang akrab disapa Aher, itu mengatakan Sungai Citarum sudah dikeruk besar-besaran menggunakan dana Pemprov Jawa Barat pada 2011. "Banjir relatif kecil pada 2012 dan 2013 tapi tahun lalu muncul lagi," kata dia.

Menurut Aher, situasi serupa juga terjadi pada aliran sungai lain pemicu banjir tahunan, seperti Sungai Ciliwung dan Cisadane. Ia menilai pendekatan struktural belum sebanding dengan pendekatan kultural terutama memperbaiki lingkungan hulu sungai dan mengubah gaya hidup masyarakat.

"Sekalipun memang pendekatan kultural itu unik, karena kalaupun konsisten dilakukan, hasilnya baru terlihat paling cepat 10 tahun kemudian," imbuh dia.

Ia mengatakan, situasi itu terjadi karena perbaikan di hulu dengan penanaman pohon perlu waktu untuk jadi besar dan berfungsi sebagai daerah serapan air (catchment). Oleh karena itu, Pemprov Jabar bekerja sama dengan sejumlah elemen rutin melakukan penanaman di wilayah serapan itu, seperti dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam Festival Citarum pekan lalu.  

Selain itu, Pemprov Jawa Barat juga terus berusaha membebaskan Cieunteung di Kabupaten Bandung seluas lima
hektare dari area pemukiman untuk dijadikan kolam retensi.  "Kolam ini akan mampu mengurangi banjir, bahkan bisa kita buatkan jadi areal mancing jika musim hujan tiba dan tempat olahraga pada musim kemarau. Faktanya, pembebasan lahan masih berproses. Tidak mudah juga sepakat dalam uang ganti rugi," kata dia.

 


(TTD)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /