Dokter Muda Asal Yogyakarta Ingin Bantu Warga Korban Asap

Ilham wibowo    •    10 November 2015 11:49 WIB
kebakaran hutan
Dokter Muda Asal Yogyakarta Ingin Bantu Warga Korban Asap
Anida Shofiana, 25, bergabung menjadi relawan bencana asap Gemas Partai NasDem,--Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Anida Shofiana, 25, mengabdikan diri bergabung menjadi relawan bencana asap. Bagi dokter muda asal Yogyakarta ini, dampak kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera dan Kalimantan masih terasa.

Sehari-hari Anida bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen. Ia sukarela berangkat ke Kalimantan Tengah guna membantu warga terdampak asap. Ia mengatakan, keikutsertaanya kali ini lantaran posisinya di RSUD dalam proses peralihan.

"Kebetulan ada waktu tenggang penempatan di rumah sakit baru. Jadi belum ada kesibukan. Penempatan intensif nanti Februari 2016," tutur Anida kepada Metrotvnews.com, Selasa (10/11/2015).

Menurut Anida, masih banyak warga di daerah terdampak yang membutuhkan relawan medis. Sebab, dampak bencana asap ini meluas hingga ke pelosok.

"Ini merupakan aksi kemanusiaaan. Selain itu, karena saya masih muda, saya perlu pengalaman merasakan sulitnya melakukan pengobatan di daerah pelosok Indonesia," ucap alumni Universitas Islam Indonesia Yogyakarta angkatan 2009 ini.

Anida berangkat hari ini ke Kalimantan Tengah bersama ratusan relawan medis lain dari Gerakan Melawan Asap (Gemas) tahap II dari Badan Rescue Partai NasDem. Ia bekerja dua minggu di provinsi terdampak bencana asap, khususnya di Kalimantan Tengah.

"Saya persiapkan kondisi fisik dan mental. Saya juga sudah siap dengan kondisi apapun," ucap dokter yang bercita-cita ingin menjadi spesialis radioterapi ini.


(MBM)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /