Alasan Pengendara Motor Tak Mengheningkan Cipta Pagi Tadi

Achmad Zulfikar Fazli    •    10 November 2015 11:52 WIB
hari pahlawan
Alasan Pengendara Motor Tak Mengheningkan Cipta Pagi Tadi
Ilustrasi--MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Hari Pahlawan, Polda Metro Jaya  mengimbau seluruh pengendara untuk menghentikan kendaraan dan mematikan mesinnya. Pengendara kendaraan bermotor diminta untuk mengheningkan cipta selama satu menit, dimulai pukul 08.15 WIB.

Pantauan Metrotvnews.com di Jalan Karet Bivak, Jakarta Selatan, sejumlah pengendara tetap memacu kendaraan tak peduli imbauan mengheningkan cipta. Sepanjang jalan tak ada polisi yang berjaga untuk mengimbau pengendara berhenti.

Salah satu pengendara, Slamet, 45, ingat hari ini Hari Pahlawan. Namun, ia tak tahu ada imbauan untuk berhenti sejak untuk mengheningkan cipta.

"Saya tahu ini Hari Pahlawan, kan tadi antar anak saya juga ke sekolah. Tapi kalau ada mengheningkan cipta saya tidak tahu. Tadi mah jalan-jalan saja," kata Slamet kepada Metrotvnews.com di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2015).

Lantaran tak tahu, Slamet tetap memacu kendaraan di saat pelaksanaan mengheningkan cipta. "Kalau saya tahu mah tadi pasti saya berhenti. Apalagi kalau disuruh berhenti untuk mengheningkan cipta. Tapi ini enggak ada. Saya juga lagi bawa kendaraan, enggak engeh," kata dia.

Hal serupa dinyatakan oleh Dina, 55. Ia tidak mengetahui adanya imbauan untuk mengheningkan cipta. Bahkan, dia tak ingat bahwa hari ini Hari Pahlawan. "Tadi jalanan lancar-lancar saja. Enggak ada kayak begitu (diberhentikan untuk mengheningkan cipta)," kata Dina.

Anggota Satgatur Dirlantas Polda Metro Jaya, Brigadir Putra, memastikan seluruh polisi yang berjaga di jalan memberhentikan seluruh kendaraan saat proses mengheningkan cipta di mulai, terutama di ruas protokol seperti Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

"Memang banyak yang tidak tahu juga (ada mengheningkan cipta). Tapi tadi yang lewat kita berhentikan kok, terutama di Thamrin dan Sudirman karena pusat kota. Makanya tadi agak macet sedikit," kata Putra.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan, kegiatan menghentikan kendaraan untuk mengheningkan cipta rutin dilakukan pada Hari Pahlawan. Hal tersebut untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur di medan perang.

Edaran tersebut tertuang dalam Surat Telegram bernomor STR/3097/X/2015 tanggal 27 Oktober 2015 dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian yang ditandatangani atas nama Kapolda-Kepala Biro Operasi Kombes Martuani Sormin.


(YDH)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

20 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /