Maksimalkan Pemadaman, Dua Helikopter di Riau Diterbangkan ke Sumsel

Antara    •    10 November 2015 12:11 WIB
Maksimalkan Pemadaman, Dua Helikopter di Riau Diterbangkan ke Sumsel
Foto: Pemadaman kebakaran hutan di Kalimantan Barat menggunakan bom air helikopter Kamov/Ant_Yohanes Kurnia Irawan

Metrotvnews.com, Palembang: Dua unit helikopter tipe Kamov di Riau diterbangkan ke Sumatera Selatan untuk memaksimalkan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Hingga hari ini, 10 November, terpantau 105 titik api di Sumatera Selatan.

"Armada udara di Sumsel harus ditambah karena jumlah titik api dalam dua hari ini cenderung bertambah," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangile saat ditemui sebelum berangkat ke Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Selasa (10/11/2015).

Berdasarkan data dari citra satelit, terdapat 105 titik api dari 45 titik api. Sebanyak 95 titik api di antaranya tersebar di OKI dan sisanya di Ogan Ilir dan Musi Banyuasin.

"Hari ini sudah saya perintahkan untuk digeser karena status bencana di Pekanbaru, Riau, juga sudah diturunkan," kata dia.

Ia mengatakan, dengan tambahan dua helikopter water bombing ini maka kekuatan armada udara di Sumsel menjadi delapan helikopter. Dua helikopter di antaranya masih proses perbaikan.

Armada udara di Sumsel juga terdiri dari dua pesawat sewa asal Rusia Be-200 (bantuan Sinar Mas) yang disiagakan di Pangkal Pinang, dan tiga pesawat Air Tractor.

Tak hanya mengevaluasi kekuatan armada udara di Sumsel, Willem juga telah menginstruksikan pemindahan dua helikopter di Kalimantan Selatan ke Kalimantan Tengah. Sehingga kekuatan pemadaman kebakaran hutan di Palangkaraya berjumlah 7 unit helikopter water bombing.

"Kondisi di Kalteng sementara ini sudah ada perbaikan. Data terakhir, sudah tersisa 79 titik api," ujar dia.

Sementara ini upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta. Hujan yang belum merata dan munculnya titik api baru di luar area gambut menjadi persoalan baru yang dihadapi petugas di lapangan.

 
(TTD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /