40 Titik Wilayah Jaktim Rawan Banjir

Ilham wibowo    •    10 November 2015 12:29 WIB
banjir jakarta
40 Titik Wilayah Jaktim Rawan Banjir
Normalisasi sungai Ciliwung di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur. (Foto: MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Titik banjir di wilayah Jakarta Timur diklaim berkurang, dari 90 titik pada 2014 menjadi 40 titik di 2015. Titik lokasi banjir paling besar diperkirakan terjadi di Kampung Pulo dan wilayah Gunung Antang, Jatinegara.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Ahmad Yazied Bustomi mengatakan, genangan karena saluran air tidak mampu menampung air hujan yang turun dengan intensitas tinggi.
 
"Semula di wilayah Jakarta Timur ada 90 titik genangan. Kami lakukan perbaikan dan pelebaran saluran, kini tinggal 40 titik. Kami akan terus lakukan perbaikan saluran, hingga tidak ada titik genangan," kata Yazied saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya, Selasa (10/11/2015).
 
Menurut Yazied, penanganan banjir di wilayah Kampung Pulo kini sedang dilakukan pemerintah Provinsi DKI. Sedangkan untuk wilayah Gunung antang, pihaknya sedang melakukan pengerukan sedimen yang menyumbat saluran air.
 
"Saluran Gunung Antang ada yang sudah puluhan tahun tersumbat. Kami juga perbesar saluran satu meter agar genangan cepat surut," ujarnya.
 
Yazied optimistis curah hujan tahun ini tidak sampai menyisakan genangan air terlalu lama. Ia mengklaim 60 persen air lebih cepat surut. "Tahun ini estimasi tidak sampai satu jam, air langsung kering. 60 persen genangan air dipastikan lancar," katanya.
 
Titik genangan di wilayah Jakarta Timur antara lain,  di simpang Jalan Matraman, Jalan Raya Bekasi depan Plaza Moderen, Jalan Rajiman, Jalan Malaka Jaya, Lapangan Wika, Jalan Buaran Jaya, Depan SMU 61, Jalan Laut Banda, Jalan Gusti Ngurahrai depan Stasiun Klender, Jalan Pramuka Raya, Jalan D.I Panjaitan, Jalan Otista di Pinggir Kalibaru, Jalan Pemuda depan Mall Arion, Jalan Pemuda, Jalan Kayu Putih Raya.
(FZN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /