Revaluasi Aset, BRI Perkirakan CAR Naik 2%

Husen Miftahudin    •    10 November 2015 12:46 WIB
bri
Revaluasi Aset, BRI Perkirakan CAR Naik 2%
Direktur Utama BRI Asmawi Syam (kiri) (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyatakan minatnya terkait adanya kebijakan pemerintah yang melonggarkan pajak revaluasi aset bagi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Dengan revaluasi aset, diharap kinerja BRI akan semakin meningkat.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam meyakini dengan BRI melakukan revaluasi aset maka Capital Adequacy Ratio atau struktur modal (CAR) bisa mengalami peningkatan antara satu persen hingga dua persen.

"Kami akan manfaatkan insentif ini. Mungkin bisa tambah CAR satu persen hingga dua persen. Saat ini aset yang akan direvaluasi senilai Rp6 triliun, akan tambah Rp2 triliun jadi Rp8 triliun," kata Asmawi, saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2015).

Ia menambahkan, peningkatan CAR ini juga mampu meningkatkan kemampuan BRI untuk menyalurkan kredit, termasuk melakukan sejumlah ekspansi. Saat ini, total aset tercatat telah mencapai Rp775 triliun dan tersebar di seluruh Indonesia.

Kendati demikian, Asmawi mengaku, pihaknya kini tengah menimbang dan terus membahas secara detail terkait revaluasi aset. Pembahasan secara mendalam terus dilakukan agar keputusan yang diambil tidak merugikan dan menghambat laju bisnis.

"Jadi leverage kami bisa meningkat, dengan begitu laba juga meningkat. Kalau laba meningkat kami akan tambah bayar dividen dan pajak ke negara. Jadi ini siklus yang baik," pungkas Asmawi.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /