Trik Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

   •    10 November 2015 16:14 WIB
kesehatan
Trik Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba
Cegah flu saat musim hujan tiba. (Foto:usatoday.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki musim hujan, waspadai berbagai penyakit seperti batuk dan flu. Perubahan cuaca membuat sistem kekebalan Anda sedikt melemah. 

Tak mau terserang penyakit? Nah, sebaiknya Anda menggunakan empat strategi berikut agar tak terserang flu ataupun batuk.

1. Jangan sentuh wajah
Flu biasanya terjadi karena menghirup kuman di udara. Namun, menurut peneliti, tangan mengandung banyak virus, jadi apabila Anda menyentuh tangan ke wajah, itu akan mempermudah virus untuk masuk ke dalam tubuh. 

2. Cukup tidur
Berdasarkan journal sleep, orang yang tidur kurang dari enam jam lebih mungkin terserang flu ketimbang mereka yang tidur selama tujuh jam atau lebih. Ini karena kurang tidur sama saja menghilangkan jenis-jenis tertentu sel kekebalan yang disebut sel B dan T, yang berguna untuk melindungi Anda dari virus. 

3. Olahraga teratur
Saat berolahraga, aliran darah Anda meningkat sehingga tubuh merekrut sel yang ampuh melawan penyakit dan menyimpannya dalam jaringan limfoid Anda. Sel ini kemudian disirkulasikan ke seluruh sistem Anda. Artinya, tubuh Anda akan mendeteksi dan membunuh semua potensi penyebab penyakit. Oleh karena itu, pastikan Anda olahraga secara rutin mulai sekarang. 

4. Hindari stres
Menurut sudi, melawan stres sama saja melawan virus. Sering stres juga dapat memicu peningkatan risiko terkena flu. Sebab, ada hormon tertentu yang mendatangkan penyakit ini. Lagipula, secara keseluruhan stres tidak baik untuk kesehatan. (Sumarni/ Menshealth)


(LOV)


Euforia Timnas Prancis Direcoki Isu Rasisme

Euforia Timnas Prancis Direcoki Isu Rasisme

21 minutes Ago

Trevor Noah, pembawa acara program televisi Amerika Serikat asal Afrika Selatan membuat kegaduh…

BERITA LAINNYA
Video /