Twitter Ajak Netizen untuk Menyehatkan Internet

Riandanu Madi Utomo    •    10 November 2015 16:19 WIB
twitter
Twitter Ajak Netizen untuk Menyehatkan Internet
Twitter perkenalkan Safety Center berbahasa Indonesia hari ini (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tingkat pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat membuat laju pertumbuhan tindak penyalahgunaan internet juga semakin pesat. Menanggapi hal tersebut, Country Business Head twitter Indonesia, Roy Simangunsong mengajak para pengguna Twitter untuk ikut berperan dalam "menyehatkan" dunia maya.

"Kami mengajak para pengguna Twitter, terutama para pembuat konten untuk membuat konten yang mendidik dan berkualitas. Keamanan di internet bukanlah tanggung jawab penyedia platform-nya saja, melainkan tanggung jawab kita bersama," ujar Roy pada acara pengenalan Twitter Safety Center berbahasa Indonesia pada hari ini, Selasa (10/11/2015), di Jakarta.

Angka kejahatan melalui internet memang terus bertumbuh, dan dampak yang paling parah justru terdapat di kalangan anak-anak. Hal tersebut diungkapkan Maria Advianti, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI).

Data KPAI menunjukkan, ada sekitar 70 juta anak Indonesia yang merupakan pengguna internet. Sementara internet sendiri memiliki beberapa dampak negatif untuk anak, mulai dari minder, aksi perisakan (bullying), hingga menjadi korban aksi kejahatan seksual terhadap anak.



Hal yang serupa juga diungkapkan Eksekutif ICT Watch, Heru Tjatur. Dia mengatakan, terdapat empat hal negatif yang paling membahayakan di internet, yaitu konten negatif, kecanduan, aksi perisakan, dan kejahatan terhadap anak (child predator).

Twitter sendiri memiliki fasilitas bernama Twitter Safety Center yang saat ini telah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Fasilitas tersebut memungkinkan pengguna Twitter untuk mengakses informasi mengenai keamanan online, khususnya di Twitter. Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama dengan para ahli keamanan online yang gencar melakukan kampanye good digital citizenship

Twitter Safety Center juga memiliki berbagai bagian dengan konten berbeda, yaitu bagian remaja, orangtua dan pendidik. Melalui fasilitas ini, Twitter berharap dapat berkontribusi lebih baik dalam menciptakan dunia maya yang lebih sehat dan lebih aman. 


(ABE)


Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama
Babak I: Thailand vs Indonesia

Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama

1 hour Ago

Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2018,…

BERITA LAINNYA
Video /