Presiden Mattarella: Budaya Indonesia Disukai Warga Italia

Willy Haryono    •    10 November 2015 16:37 WIB
indonesia-italia
Presiden Mattarella: Budaya Indonesia Disukai Warga Italia
Presiden Italia Sergio Mattarella (kiri) dalam acara First Billateral Dialogue Between Indonesia and Italy di Jakarta, Selasa (10/11/2015). (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Italia Sergio Mattarella untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia pada 8 November 2015. Ini merupakan kunjungan perdana pemimpin Italia sejak pertama kali menjalin hubungan dengan Indonesia pada 1949. 

Dalam pidatonya di acara 'First Billateral Dialogue Between Indonesia and Italy,' Presiden Mattarella menceritakan kedekatan Indonesia dengan Italia. 

"Hubungan Italia dan Indonesia sangat dekat, tidak hanya dalam pemerintahan, namun juga dalam budaya. Seiring berlangsungnya Milan Expo, di sana Indonesia mendapat banyak perhatian dari sudut budaya tradisional dan nilai historikalnya," ujar Presiden Mattarella di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

"Selain itu, Italia juga sangat kagum kepada Indonesia sebagai negara demokrasi, serta negara dengan populasi muslim terbesar di dunia," lanjutnya. 

Milan Expo memiliki dampak positif bagi indonesia di Italia. Indonesia dapat menyampaikan gambaran historis yang diterima dan disukai warga Italia. Milan Expo juga membuat banyak masyarakat Italia menyukai budaya indonesia yang menyebar secara masif.

Presiden Joko Widodo mengatakan Presiden Mattarella membawa delegasi bisnis sebanyak 30 orang dan menghasilkan total kontrak senilai kurang lebih USD1,055 miliar.

"Presiden Mattarella dan saya baru saja membahas upaya peningkatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi. Saya gembira bahwa dalam kunjungan ini terdapat delegasi bisnis sebanyak 30 orang," kata Presiden saat pernyataan pers bersama di Istana Merdeka Jakarta, Senin malam. 

Jokowi mengungkapkan kontrak tersebut berupa kerja sama baru, terutama di bidang logistik energi dan infrastruktur serta ekspansi di bidang otomotif. (Nabila Gita)


(WIL)


Video /