Ucapan Selamat Indonesia Atas Keberhasilan Pemilu Myanmar

Fajar Nugraha    •    11 November 2015 08:59 WIB
pemilu myanmar
Ucapan Selamat Indonesia Atas Keberhasilan Pemilu Myanmar
Pendukung Partai NLD yang merayakan kemenangan pemilu (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Myanmar baru saja melaksanakan pemilihan umum yang bersejarah di era keterbukaan. Indonesia pun menyampaikan selamat atas keberhasilan pemilu ini.
 
"Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah dan Rakyat Myanmar atas pelaksanaan pemilihan umum bersejarah yang berjalan lancar dan damai pada 8 November 2015," pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (11/11/2015).

"Indonesia terus mengikuti dengan seksama proses pemilihan umum di Myanmar dan mengharapkan agar semua pihak dapat menghormati hasil pemilihan umum tersebut yang merupakan cerminan dari pilihan rakyat Myanmar," lanjut pernyataan itu.

Pemerintah Indonesia pun mengharapkan hasil pemilihan umum tersebut akan dapat membuka lembaran baru bagi rakyat Myanmar dalam upaya untuk meneruskan proses reformasi, rekonsiliasi dan pembangunan serta terus menjaga semangat kebersamaan.

Ini adalah kesempatan terbaik bagi Myanmar untuk bergerak menuju negara demokrasi, setelah berdekade-dekade berada di bawah hukum militer.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) milik tokoh oposisi Aung San Suu Kyi diperkirakan menyapu suara mayoritas. Sekitar 30 juta warga Myanmar memiliki hak pilih dalam pemilu kali ini.

Indonesia berharap hasil pemilu di Myanmar dapat diterima semua pihak dan menjadi dasar untuk memproses reformasi dan rekonsiliasi. Suu Kyi sudah memperingatkan pendukung NLD untuk tidak berlebihan saat hasil akhir pemilu diumumkan.

Suu Kyi pun mengklaim bahwa partai NLD diperkirakan memenangkan pemilu dengan 75 persen suara. Mereka juga akan memperbutkan 664 kursi di dua majelis parlemen.
 


(FJR)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /