Harga Emas Dunia Naik Tipis

   •    11 November 2015 10:26 WIB
harga emas
Harga Emas Dunia Naik Tipis
Ilustrasi (Spencer Platt/AFP)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik tipis pada Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), karena harga impor Amerika Serikat (AS) turun lebih besar dari perkiraan pada Oktober, meskipun dolar Amerika Serikat (USD) yang lebih kuat menekan logam mulia.

Mengutip Antara, Rabu (11/11/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik sebanyak USD0,4 atau 0,04 persen menjadi menetap di USD1.088,50 per ounce. Emas mendapat dukungan dan dicegah dari kejatuhan ketika Departemen Tenaga Kerja melaporkan harga impor AS turun 0,5 persen pada Oktober setelah jatuh 0,6 persen pada bulan sebelumnya.

Harga yang lebih rendah untuk impor bahan bakar dan nonbahan bakar berkontribusi terhadap penurunan Oktober. Analis mencatat bahwa penyusutan harga impor umumnya berarti bahwa penguatan USD telah memberikan lebih banyak pembeli komoditas untuk dolar mereka.

Emas berada di bawah tekanan karena indeks USD, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama, mencapai tertinggi tujuh bulan, naik 0,33 menjadi 99,32 pada pukul 17.15 GMT. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Analis yakin bahwa kemungkinan The Fed menaikkan suku bunganya selama pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Desember belum sepenuhnya dihargakan ke dalam pasar. Harapan yang awalnya untuk penundaan kenaikan suku bunga hingga 2016 tetapi pertemuan FOMC pada akhir Oktober meninggalkan pintu terbuka bagi The Fed untuk menaikkan suku sebelum akhir tahun.

Perak untuk pengiriman Desember turun 5,7 sen atau 0,40 persen menjadi ditutup pada USD14,356 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD14,9 atau 1,63 persen menjadi ditutup pada USD899,50 per ounce.


(ABD)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

1 hour Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /