Sembuhkan Luka Lecet dengan Lidah Buaya

   •    11 November 2015 11:21 WIB
kesehatan
Sembuhkan Luka Lecet dengan Lidah Buaya
Lidah buaya untuk sembuhkan luka. (foto:gulalives.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Luka lecet seringkali ditemukan pada daerah seperti lutut, pergelangan kaki dan siku. Biasanya, luka lecet bisa sembuh dengan sendirinya. Sayangnya, bila tidak segera diobati maka akan menimbulkan bekas pada kulit Anda.

Sebenarnya, banyak obat yang tersedia di pasaran untuk menyembuhkan ini. Tapi, akan lebih baik lagi bila Anda obati secara alami dengan beberapa cara berikut.

1. Lidah buaya
Sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang terkandung pada lidah buaya akan mempercepat penyembuhan luka lecet. Cukup hancurkan ekstrak lidah buaya dan oleskan pada kulit yang luka. Bilas setelah 20 menit kemudian.

2. Madu
Madu secara efektif mampu sembuhkan luka dan kurangi kemungkinan jaringan parut dengan kandungan antiseptik dan anti-bakteri yang dimilikinya.

3. Kunyit
Untuk masalah lecet, kunyit adalah kunci untuk mengatasinya. Terapkan pasta kunyit langsung pada kulit, tunggu hingga kering baru dibilas dengan air biasa. 

4. Vitamin E
Antioksidan yang dimiliki vitamin E meningkatkan penyembuhan kulit yang rusak dan mencegah lecet membekas. Anda hanya perlu oleskan minyak vitamin E pada daerah yang luka dan siram dengan air 15 menit kemudian.

5. Minyak kelapa
Sifat pelembap minyak kelapa memberikan keajaiban dalam merawat kulit yang terkelupas. Bila mengoleskan minyak kelapa pada luka lecet akan melindungi kulit tersebut dari debu, bakteri dan virus. 

6. Vitamin C
Vitamin C mengobati segala macam infeksi kulit. Antioksidan yang hadir pada makanan yang kaya akan vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi akibat luka lecet. Di sisi lain, menyantap makanan kaya vitamin C juga membantu penyembuhan lebih cepat. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /