Ban Michelin Kembali ke MotoGP, Valentino Rossi Gusar

Hilman Haris    •    11 November 2015 11:43 WIB
motogp
Ban Michelin Kembali ke MotoGP, Valentino Rossi Gusar
Valentino Rossi mengaku belum nyaman menggunakan ban Michelin (KAZUHIRO NOGI / AFP)

Metrotvnews.com, Valencia: Pabrikan ban Michelin menjadi pemasok ban bagi tim-tim di MotoGP 2016. Setelah tujuh tahun absen dari MotoGP, Michelin kembali hadir guna menggantikan peran Bridgeston.

Namun belum juga tampil secara resmi di MotoGP 2016, kualitas ban Michelin sudah mendapat kritik dari pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Menurut runner-up MotoGP 2015 itu, ban baru dari Michelin belum cocok dengan Yamaha.

Rossi sudah menjajal kondisi ban Michelin pada sesi uji coba di Valencia, Spanyol pada Selasa 10 November. Menurutnya,  Michelin sejauh ini belum cocok dengan karakter motor Yamaha. 

"Tidak mungkin untuk mengetahuinya sekarang karena kami belum tahu secara rinci. Tapi tes pertama dengan Michelin memberikan beberapa kekhawatiran pada kami," ucap Rossi seperti dikutip Autosport.

"Sepertinya kami tidak mendapatkan keseimbangan dengan ban baru itu. Semoga ini cuma masalah waktu untuk bisa mendapatkan setelan motor terbaik sehingga bisa membuat Michelin bekerja dengan maksimal," lanjut Rossi.

Keluhan soal kualitas ban racikan Michelin tidak hanya disampaikan oleh Rossi. Beberapa pembalap bahkan terjatuh pada sesi uji coba karena merasa tak nyaman menggunakan ban baru.

Meski mendapat reaksi negatif, kubu Michelin tak bereaksi secara berlebihan. Mereka mahfum karena selama ini pembalap sudah terbiasa menggunakan motor yang disesuaikan dengan kondisi ban dari Bridgeston.

"Kami memahami dengan situasi saat ini. Kami meminta hal yang sangat sulit dari para pembalap. Mereka melakukan tes pada tengah pekan. Lalu membalap dengan menggunakan ban yang spesifik pada akhir pekan. Kemudian pada Senin kami meminta mereka untuk berganti ban. Padahal ban tersebut  dipasang di motor yang tidak sepenuhnya disetel untuk ban kami," ucap Direktur Michelin Motorsport, Pascal Couasnon.

"Setiap produsen ban memiliki sentuhan dan filosofi yang berbeda. Jadi buat saya bukan sebuah hal yang mengejutkan  jika kami butuh waktu supaya para pembalap terbiasa dengan karakter ban baru," lanjut Couasnon. (Autosport)


(HIL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /