Gubernur Nonaktif Riau Tak Hadiri Sidang Korupsi APBD

Antara    •    11 November 2015 14:40 WIB
kasus suap
Gubernur Nonaktif Riau Tak Hadiri Sidang Korupsi APBD
Gubernur nonaktif Riau Annas Maamun dalam sidang di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu 20 Mei 2015, Ant - Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun batal menghadiri sidang lanjutan dugaan korupsi suap APBD Riau. Alasannya, ia sakit dan tengah menjalani perawatan.

Annas sedianya menjadi saksi dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pekanbaru, Riau, Rabu 11 November. Annas seharusnya memberikan keterangan dalam sidang dengan terdakwa Ahmad Kirjauhari.

Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum KPK Pulung Riandoro mengatakan Annas tak dapat hadir di persidangan. Pulung pun menunjukkan foto terpidana kasus suap alih fungsi lahan itu kepada Majelis Hakim.

Foto itu menampakkan kondisi terakhir Annas di dalam sel di Rumah Tahanan KPK Jakarta. Dari foto, tampak selang oksigen menempel di hidung Annas. Tabung oksigen berukuran besar terletak di sebelah kanannya.

Pulung juga meminta majelis hakim tak lagi memanggil Annas ke ruang sidang. Sebab Mahkamah Agung hanya memberikan izin satu hari kepada Annas untuk meninggalkan selnya.

"Dengan pertimbangan tersebut Majelis Hakim, kami meminta untuk membaca (BAP) saja kesaksiaan Annas Maamun dalam persidangan berikutnya," kata Pulung.

Hakim Masrul tak mempermasalahkan permintaan itu. Hakim meminta semua pihak fokus pada keterangan saksi lain.

"Kita pertimbangkan. Namun kita dengarkan kesaksiaan para saksi hari ini," kata Masril.  

Dalam sidang, Jaksa KPK menghadirkan enam saksi. Empat di antaranya anggota DPRD Riau 2009-2014 antara lain Zukri Misran (saat ini jadi calon bupati Pelalawan), Toni Hidayat, Koko Iskandar (Sekjen Demokrat Riau), dan Supriati.  Dalam sidang yang digelar sebelumnya, Annas disebut sebagai aktor dalam melicinkan pembahasan APBD Riau dengan menyuap sejumlah anggota dewan. 

Sementara Annas divonis oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung enam tahun penjara dan denda Rp250 juta atas kasus suap alih fungsi lahan di Kuantan Singingi seluas 1.188 hektare dan Bagan Sinembah Rokan
Hilir 1.214 hektare.

(Baca: Gubernur Riau Nonaktif Annas Maamun Dituntut 6 Tahun Penjara)

 


(RRN)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

15 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /