Ekstrak Rumput Laut Bisa Obati Radang Usus?

   •    11 November 2015 15:53 WIB
kesehatan
Ekstrak Rumput Laut Bisa Obati Radang Usus?
Rumput laut. (Foto:superchargedfood.com)

Metrotvnews.com, Tasmania: Sebuah penelitian di Tasmania telah menemukan ekstrak rumput laut bisa menjadi kunci untuk memerangi gangguan radang usus. Gangguan usus seperti ulcerative colitis dapat melemahkan dan menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan.

Temuan tersebut menemukan secara signifikan bahwa ekstrak rumput laut bisa mengurangi gejala gangguan masalah usus pada pengujian terhadap hewan. Ekstrak ini disebut fucoidan, polisakarida yang diekstrasi dari spesie rumput laut fucus vesiculosus.

Dalam penelitian yang dilakukan pada binatang tikus yang menderita kolitis, penyakit di mana lapisan dalam usus besar meradang, efek samping kehilangan berat badan menurun lebih dari 50 persen. Profesor Nuri Guven dari University of Tasmania Associate mengatakan, perawatan ulcerative colitis dapat berhubungan dengan efek samping. Dia pun terkejut melihat seberapa efektifnya fucoidans.

"Kami memberikan ekstrak ini untuk binatang yang mengalami radsang usus besar dan kami terkejut melihat ekstrak ini menormalkan patologi pada hewan tersebut," tuturnya.

Mereka pun ingin melihat penelitian ini diuji pada manusia. Karena, temuan mereka ini sangat menarik. Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa fucoidan bisa efektif mengobati kolitis.

"Kita harus memahami bagaimana senyawa ini bekerja untuk menekan peradangan usus," tuturnya. (abc.net.au)


(LOV)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

14 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /