Sodetan Kali Ciliwung Terkendala Pembebasan Lahan

LB Ciputri Hutabarat    •    11 November 2015 17:21 WIB
banjir jakarta
Sodetan Kali Ciliwung Terkendala Pembebasan Lahan
Lokasi proyek normalisasi Ciliwung----MI/Atet Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Proyek sodetan Kali Ciliwung yang membentang dari Sungai Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur (KBT) masih terkendala pembebasan lahan. Akibatnya, proyek sodetan masih terkatung-katung.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut, warga belum memberikan izin buat proses pembuatan sodetan. Satu bor pembuat sodetan belum beroperasi.

"Karena enggak dikasih tanahnya," kata Ahok, sapaan dia, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Ahok menjelaskan, pemprov menyediakan dua bor. Rencananya, kedua bor itu dipasang di daerah Bidaracina dan Kebon Nanas. Jika bor sudah terpasang di dua titik itu, sodetan pun bakal terbentuk. Sebab, bor itu akan bergerak dari samping dan bertemu di tengah-tengah.

Sayang, pengerjaan masih terkendala. Baru satu bor yang terpasang, sementara musim penghujan sudah datang. Padahal, sodetan dimaksudkan buat meminimalisasi banjir akibat luapan Kali Ciliwung. Meski begitu, Ahok optimistis. Proyek bakal selesai sesuai rencana.

"2017 kita siapkan," aku Ahok.

Proyek pengeboran ini salah satu rangkaian proyek normalisasi Kali Ciliwung. Pembuatan sodetan ini nantinya diharapkan dapat mengurangi dan memperlancar debit air yang berlebih dari kali Ciliwung ke BKT. Dengan sodetan tersebut, arus air sungai diprediksi cepat teralirkan sehingga tak menyebabkan banjir di Ibu Kota.


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /