Operasikan Kilang TPPI, Pertamina Hemat Devisa Negara USD2,2 Miliar

Annisa ayu artanti    •    11 November 2015 18:32 WIB
kilang tppi
Operasikan Kilang TPPI, Pertamina Hemat Devisa Negara USD2,2 Miliar
Illustrasi. ANT/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jawa Timur: PT Pertamina (Persero) mencatat pengoperasian kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) akan menghemat devisa sebesar USD2,2 miliar setahun dari pengurangan impor BBM dan LPG.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan TPPI dapat menghasilkan sekitar 61.000 barel per hari Premium, 10.000 barel per hari HOMC, dan 11.500 barel per hari Solar. Adapun, tutur Dwi, TPPI juga memproduksi LPG hingga 480 metrik ton per hari.

"Maka total penghematan devisa negara dari BBM dan LPG dari TPPI mencapai sekitar USD2,2 miliar," kata Dwi di Kilang TPPI, Tuban, Jawa Timur, Rabu (11/11/2015).

Selain itu, manfaat pengoperasian kilang TPPI ini juga dari berbagai aspek, mulai dari sentimen positif terhadap investasi, serta tenaga kerja.

Diharapkan, TPPI dapat mengolah sekitar 100 ribu barel per hari kondensat dan atau naphta. Dari pengolahan bahan baku dengan mogas mode akan diperoleh beberapa produk minyak, seperti LPG, Solar, Fuel Oil, Premium, dan HOMC. 

Apabila dioperasikan dengan aromatic mode,TPPI juga dapat memproduksi petrochemical, seperti paraxylene, Orthoxylene, Benzene, dan Toluene yang dibutuhkan oleh industri nasional.


(SAW)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

59 seconds Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /