Evakuasi Kereta Anjlok Hanya Gunakan Dongkrak

Ahmad Rofahan    •    11 November 2015 19:01 WIB
kecelakaan kereta api
Evakuasi Kereta Anjlok Hanya Gunakan Dongkrak
Foto: Ilustrasi kereta anjlok/Ant_Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Cirebon: Butuh waktu dua jam untuk mengevakuasi lokomotif kereta Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya yang anjlok di Subang, Jawa Barat, Rabu, 11 November. Lokomotif tersebut anjlok setelah menabrak truk boks yang mogok di perlintasan tanpa palang pintu. 

Kepala Humas Daop 3 Cirebon, Jaka Jarkasih, mengatakan petugas PT KAI berusaha mengevakuasi lokomotif tersebut. “Kami sedang berusaha mengevakuasi, diperkirakan membutuhkan waktu 1-2 jam,” kata Jaka.

Akibat anjloknya lokomotif tersebut, penumpang melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan lokomotif baru. Gerbong penumpang sempat ditarik kembali ke Pegaden Baru untuk menunggu gerbong pengganti.

Menurut Jaka, mengevakuasi lokomotif tidak membutuhkan alat berat. “Dengan manual dongkrak saja bisa, tidak butuh alat berat,” kata Jaka.

Kereta Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya menabrak truk boks yang melintang di perlintasan tanpa palang pintu antara Stasiun Pegaden Baru dan Cipunagara, pada pukul 11.37 WIB. Kereta tak dapat melanjutkan perjalanan karena tiga roda lokomotifnya anjlok. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sopir truk pun sempat menyelamatkan diri sebelum kereta menghantam truk.


(UWA)